BSN Kembali Gelar Indonesia Quality Expo pada 9-10 November 2015

Sabtu, 7 Nov 2015

Tanah Abang-20151106-00931

JAKARTA (Pos Sore) — Badan Standarisasi Nasional (BSN) kembali menggelar Indonesia Quality Expo (IQE) 2015 pada 9-10 November di Jakarta Convention Center (JCC). Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir direncanakan membuka event ke-3 bertema ’70 Tahun Merdeka: Standar Mempercepat Tranformasi Indonesia Menuju Lebih Baik’.

Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Humas BSN, Budi Rahardjo, menuturkan, even yang dilaksanakan sejak 2013 ini diharapkan menjadi sarana untuk melakukan diskusi dan tukar informasi terkait dengan penguatan infrastruktur mutu di Indonesia. Dengan demikian dapat membangun strategi yang dbutuhkan dalam menghadapi gejolak dunia.

“Peran standarisasi telah terbukti memberikan perubahan yang cukup tepat dan cepat di berbagi sektor dan menjamin pengakuan internasional terhadap produk bangsa serta memproteksi produk dalam negeri, juga mengangkat produk nasional Indonesia agar berjaya di negeri sendiri atau di pasar Asia Tenggara (ASEAN),” katanya, di gedung BPPT, Jumat (6/11).

Dia menambahkan, event ini juga dalam rangka memperingati Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional tahun 2015. Ada sekitar 30 usaha kecil menengah (UKM) dan 30 institusi pemerintah/swasta ikut serta dalam even yang juga dalam rangka mempersiapkan sektor bisnis di Indonesia memasuki era persaingan dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Karenanya, diharapkan IQE bisa menjadi acara dan wahana bagi stakeholder untuk berbagi informasi standarisasi, saling berpromosi, serta menyatukan langkah bersama,” tambahnya.

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan seperti launching skema akreditasi lembaga sertifikasi usaha pariwisata, seminar nasional, Temu Masyarakat Standarisasi, pameran/IQE, Penganugerahan SNI Award, Penghargaan untuk Komite Teknik Perumus SNI Terbaik (HICA), workshop dan Training cara ekspor ke Timur Tengah, serta banyak lagi.

Sejumlah instansi yang menjadi peserta pameran antara lain PT. Pertamina Lubricants, Siemens, PT. Kencana Gemilang (Miyako), Gunung Subur, Petrokimia Gresik, Balai Sertifikasi Industri, dan Balai Metrologi Jakarta. Sedangkan, dari sektor UKM akan menampilkan berbagai produk berkualitas seperti alat pertanian, pangan, fesyen, dan aneka kuliner nusantara.

Selain itu, pameran akan diisi dengan acara panggung hiburan. Di antaranya, talkshow tentang success story industri penerap SNI, talkshow mengenai halal, talkshow mengenai peneilaian kesuasian, talkshow Happpy Eating go Langsing, launching buku ‘Berkarier Tanpa Bekerja’ yang akan dibuka Adhyaksa Dault, lomba-lomba dan kuis berhadiah. Hadir juga bintang tamu Rinni Wulandari (Indonesia Idol). (tety)