19.2 C
New York
04/06/2020
Aktual

Lawan Kapitalisme, Buruh Harus Ubah Strategi

JAKARTA (Pos Sore) — Buruh diminta untuk melawan sistem kapitalisme tidak hanya dengan menggunakan jargon semata. Melawan sistem kapitalisme harus ada reorientasi strategi dan taktik gerakan yang lebih canggih, setidaknya mengiringi kecanggihan sistem kapitalisme itu sendiri.

Hal ini disebabkan sistem kapitalisme yang hendak dilawan oleh gerakan buruh semakin canggih, moda produksi yang dijalankan juga semakin rumit. Hal ini menuntut gerakan buruh untuk memperbaiki strategi dan taktiknya dalam melawan penetrasi sistem kapitalisme.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan sistem kapitalisme dulu dan sekarang sangat berbeda. Kalau dulu kapitalisme mengembangkan sistem produksi untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti pangan, sandang dan lain-lain. Sekarang kapitalisme justru menciptakan kebutuhan baru yang juga diamini oleh para buruh.

Lebih lanjut Hanif mengatakan bahwa perjuangan kaum buruh tidak bisa lagi disandarkan pada strategi-taktik konvensional seperti demonstrasi dan pemogokan. Ia mengusulkan agar gerakan buruh membangun kemitraan strategis (strategic partnership) dengan semua stakeholder hubungan industrial dalam rangka memajukan tuntutan perjuangan. (hasyim)

Related posts

Pedagang Dibunuh Perampok

marolop possore

Diduga Terlibat Narkoba, Artis Fachri Albar Ditangkap

Tety Polmasari

Presiden Luncurkan Bank Wakaf Mikro An Nawawi Tanara

Tety Polmasari

Leave a Comment