15 C
New York
26/05/2020
Aktual

Kemnaker-OASE Kerjasama Cegah dan Deteksi Kanker Leher Rahim

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja menyelenggarakan program aksi kepada tenaga kerja perempuan guna mencegah serta mendeteksi dini kanker leher rahim.

Dewan Pembina OASE Kabinet Kerja, Mufidah Jusuf Kalla ketika membuka program aksi, Senin (30/11), menyatakan, program tersebut sejalan dengan gerakan yang bertemakan revolusi mental.

OASE menyusun program-program yang dapat merubah pola pikir dan memberdayakan masyarakat agar dapat hidup mandiri, produktif, kreatif, dan berkarakter untuk mendorong tercapainya kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Menurutnya tuntutan kehidupan sosial ekonomi memaksa setiap orang untuk bekerja keras agar dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, tidak terkecuali kaum wanita yang bekerja.

Di sisi lain, lanjutnya, peran wanita dalam pembangunan memberikan kontribusi yang sangat penting pada peningkatan ekonomisehingga dituntut untuk mampu memiliki peran ganda, atau memiliki dua fungsi, yaitu fungsi sosial dan fungsi ekonomi.

anita pun dituntut harus menjalankan fungsi sosial sebagai Ibu Rumah Tangga. “Wanita terkadang dituntut juga untuk mampu menjalankan fungsi ekonomi, untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga,” katanya.

Karena itu wanita khususnya mereka yang bekerja perlu didukung agar tetap sehat dan dapat tetap menjalankan perannya secara optimal, ujar Mufidah Jusuf Kalla.

Kanker serviks adalah jenis kanker yang memiliki peringkat prevalensi kedua setelah kanker payudara yang banyak ditemukan di Indonesia. Data Kementerian Kesehatan Tahun 2015 menunjukkan bahwa rata-rata setiap jam, jumlah penderita kanker serviks bertambah 2,5 orang dan meninggal 1,1 orang. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat dalam kurun waktu 10 tahun mendatang jika tidak dilakukan tindakan upaya-upaya pencegahan. (hasyim)

Related posts

PPTKIS Dilarang Rekrut Calon TKI

Tety Polmasari

Harga Beras Naik 10%, Jumlah Penduduk Miskin Bertambah 330 Ribu Jiwa

Tety Polmasari

Demo Anak SMK Tak Kalah Dari Mahasiswa

Ramli Amin

Leave a Comment