22.9 C
New York
29/05/2020
Aktual

Sinarmas dan Maybank Salurkan KUR untuk TKI

D70_0799

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menjadi saksi penandatangan nota kesepahaman antara Bank Sinarmas dan Maybank dengan antara kuasa pemegang anggaran subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kedua bank ini memang dilibatkan dalam penyaluran KUR yang dikhususkan untuk skema kredit bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

“Sinarmas dan Maybank, bank yang selama ini membantu pembiayaan TKI,” kata Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM Braman Setyo, sekaligus sebagai kuasa pengguna anggaran KUR.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid, menambahkan, dua bank tersebut kuat di negara-negara kantong TKI. Maybank memiliki jaringan kuat di Malaysia dan Brunei Darussalam, sedangkan Sinarmas a di Taiwan dan Hongkong.

“Maybank kuat di Malaysia dan Brunei karena sampai hari ini belum ada satu pun bank yang bisa membiayai TKI di Malaysia. Maka dari itu kita rangkul Maybank. Seharusnya ada CIMB Niaga tapi mereka belum minat,” ungkapnya.

Sedangkan Sinarmas dirangkul untuk membantu pembiayaan TKI di wilayah Taiwan dan Hongking sebab hingga kini belum ada satu pun bank di Indonesia yang bisa menembus wilayah itu.

Tadinya, kata Nusron, China Trust juga ditawari untuk terlibat dalam penyaluran KUR namun bank yang bagus jaringannya di Taiwan itu tidak berminat dengan ‘cost of fund’ KUR yang dianggap mereka terlampau rendah.

“Bank BUMN sudah kami tawari untuk menyalurkan KUR TKI tapi mereka cenderung memilih pasar-pasar yang lebih mudah ditembus seperti Jepang, Korea, dan Singapura. Kita cari networking di sana. Kita lihat dalam perkembangan ke depan semoga bank-bank swasta ini bisa jadi pionir,” tambahnya.

Atas keterlibatan kedua bank itu, pemerintah menyediakan subsidi bunga KUR termasuk imbal jasa penjaminan dalam penyaluran KUR 2015 khusus untuk TKI sebesar 12 persen.

Tahun ini KUR TKI dialokasikan sebesar Rp1 triliun namun dua bank tersebut menyatakan hanya sanggup menyaluran sebanyak-banyak plafon Rp200 miliar masing-masing Maybank Rp100 miliar dan Sinarmas Rp100 miliar sampai tutup tahun. (tety)

Related posts

Pelindo III Goes to Campus: Kenalkan Dunia Kemaritiman pada Mahasiswa Unpad

Tety Polmasari

Bintang NBA Ajak Remaja Tegakkan Islam

Tety Polmasari

Menkes Ungkap Dampak Rokok terhadap Kesehatan dan Ekonomi

Tety Polmasari

Leave a Comment