Menko PMK: Asian Games XVIII Sukses, Satu Indikator GNRM Berhasil

Selasa, 8 Des 2015

asean

JAKARTA (Pos Sore) – Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, menegaskan, sukses penyelenggaraan Asian Games 2018 menjadi salah satu indikator keberhasilan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

“Karena itu, seluruh pihak terkait harus lebih berintegritas, beretos kerja, dan mengedepankan gotong royong,” katanya, usai memimpin Rakor Tingkat Menteri terkait Persiapan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018, di Kantor PMK, Senin (7/12).

Dalam rakor itu, Menko PMK juga menyampaikan, nama resmi Asian Games 2018 sudah ditetapkan oleh Olympic Council of Asia (OCA), yaitu 18th Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

“Ini pertama kalinya nama resmi Asian Games dengan dua kota di dalamnya. Pada pelaksanaannya, lokasi pertandingan disebar di 4 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten,” kata Puan, usai rakor, di kantornya.

Puan melanjutkan, sebagai payung hukum bagi upaya persiapan, Presiden telah memberlakukan Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 2015 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Sedangkan Inpres yang memuat pembagian tugas dalam penyelenggaraan Asian Games sudah dalam tahap final menunggu ditetapkannya Master Plan Asian Games 2018 oleh Ketua Panitia Nasional.

“Pemerintah berupaya melibatkan semua pihak termasuk tokoh-tokoh olahraga dalam persiapannya dan melakukan koordinasi yang intensif untuk membangun sinergi lintas kementerian dan lembaga, termasuk BPKP untuk menjamin pelaksanaan anggaran,” tambahnya.

Terkait persiapannya, saat ini sedang dilakukan proses persiapan administrasi, baik terkait dokumen perencanaan program dan kegiatan dalam APBN dan APBD, maupun terkait adminstrasi status hukum dari aset yang akan dibangun.

“Renovasi dan pembangunan itu dilakukan pada venues pertandingan dan wisma atlet, termasuk renovasi Gelora Bung Karno dan pembangunan wisma atlet di Kemayoran,” ujarnya.

Puan menambahkan, pemerintah daerah, khususnya DKI Jakarta dan Sumsel, juga sudah melakukan pembangunan fisik untuk mendukung transportasi pelaksanaan Asian Games 2018. Juga penyiapan-penyiapan standarisasi venues pertandingan. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015