24.2 C
New York
06/08/2020
Aktual

Kepala BMKG: Peran Media Massa Penting Terjemahkan Informasi Kebencanaan

Sawah Besar-20151217-01376

JAKARTA (Pos Sore) – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng, mengatakan, pihaknya membutuhkan peran media massa untuk menyebarkan informasi cuaca, iklim, gempa bumi kepada masyarakat.

Sebagai pilar kelima, media massa dengan kemampuan komunikasi yang dimilikinya, mampu menerjemahkan istilah-istilah yang berkaitan dengan cuaca, iklim, dan kebencanaan, menjadi bahasa yang mudah dicerna masyarakat.

“Masyarakat sangat membutuhkan informasi ini, tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami, untuk dijadikan sebagai langkah awal melakukan adapatasi dan mitigasi terhadap suatu bencana,” katanya, saat bersilaturahmi dengan media massa, di kantor BMKG, Kamis (17/10).

Lantas Andi meruntut peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. Dari Januari-Desember 2015 Indonesia telah mengalami berbagai bencana alam dan kecelakaan yang dpengaruhi faktor cuaca.

“Saat bencana terjadi kita membutuhkan peran media massa dalam menyebarluaskan informasi dari BMKG,” tambahnya.

Kepala BMKG pun berharap hubungan dengan media dapat terus dibina dan ditingkatkan agar tercipta sinergi yang posiitif untuk mendukung pelayanan informasi.

Sawah Besar-20151217-01377

Dalam pertemuan itu, wartawan memberikan penilaian positif atas kinerja BMKG dan jalinan kemitraan di antara kedua pihak. Wartawan dalam setiap membutuhkan informasi seputar cuaca, iklim, atau pun bencana, BMKG selalu terbuka untuk memberikan informasi.

“Kami tidak pernah dipersulit. Pimpinan BMKG sangat terbuka terhadap para jurnalis dan awak media massa yang ingin mencari informasi,” ungkap Dwi Putro, jurnalis Suara Karya, memberikan testimoni di depan pejabat eselon I, dan II.

Hal senada juga diungkapkan Gita dari Net TV, yang menilai pelayanan humas BMKG dalam memfasilitasi media dalam peliputan sangat cepat dan tepat.

“Kami tidak mengalami kesulitan apabila kami membutuhkan data dan informasi, Humas BMKG selalu memiliki dan menyediakan data dan update informasi,” tutur Gita.

Anang dari Radio SindoTrijaya FM pun berharap pertemuan silaturahmi semacam ini dapat dilakukan kembali untuk meningkatkan hubungan dengan media massa. (tety)

media

Related posts

Kepergok Ambil Tas Damhuri Diamankan

Tety Polmasari

2 Orang Tersangka Tawuran Di Pasar Rebo

Tety Polmasari

Hadapi Persaingan Global, BSK Harus Berkualitas Internasional

Tety Polmasari

Leave a Comment