Menkop UKM Berikan Penghargaan ‘Penggerak Koperasi’ kepada 8 Daerah

Senin, 21 Des 2015

JAKARTA (Pos Sore) – Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, didampingi Sesmenkop UKM Agus Muharram, memberikan penghargaan kepada delapan kabupaten/kota di seluruh Indonesia sebagai‎ Kabupaten/Kota Penggerak Koperasi.

Kedelapan daerah itu adalah kabupaten Bangli (Bali), Kabupaten Sumenep (Jatim), Kabupaten Brebes (Jateng), Kabupaten Tangerang (Banten), Kabupaten Bojonegoro (Jatim), Kota Bontang (Kaltim), Kabupaten Pasuruan (Jatim), dan Kabupaten Pati (Jateng).

Penghargaan diberikan saat Rapat Koordinasi Nasional Bidang Koperasi dan UMKM Tahun 2015‎, di Jakarta, Senin (21/12).

Dalam kesempatan yang sama, Kemenkop dan UKM juga memberikan penghargaan kepada daerah yang memberikan kemudahan dan percepatan Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) di daerahnya.

Daerah-daerah tersebut yakni ‎Jateng, Bangka Belitung, NTB, Kalsel, Kota Denpasar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Palalawan, Kota Pekanbaru, Kabupaten Belitung, Kabupaten Bantul, Banyumas, Kebumen, Pamekasan, Gunung Mas, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Bantaeng.

“Saya berharap agar koordinasi antara pemerintah pusah dan daerah bisa lebih ditingkatkan. Pusat dan daerah harus bersinergi dan bergandengan tangan agar program pemberdayaan koperasi dan UMKM di Indonesia bisa lebih dirasakan masyarakat, khususnya masyarakat koperasi dan UMKM,” tegas Puspayoga.

Untuk itu, menkop juga berharap agar pertemuan seperti Rapat Koordinasi Nasional ini bisa lebih diefektifkan dan diselenggarakan di pertengahan tahun.

“Pertemuan Rakornas ini amat penting dan strategis‎ bagi pemberdayaan koperasi dan UKM di seluruh Indonesia. Saya berharap bisa diselenggarakan tak hanya sekali di setiap akhir tahun. Menurut saya, bisa lebih memiliki nilai yang efektif dan strategis juga bila diselenggarakan di pertengahan tahun,” ujarnya.

Agenda utama Rakornas Tahun 2015 adalah terkait reformasi koperasi dan implikasi terbitnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah terhadap Kewenangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Rakornas ini dihadiri kurang lebih 34 Kepala Dinas Provinsi dan 544 Kabupaten/Kota yang membidangi koperasi dan UMKM. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015