16.4 C
New York
02/06/2020
Aktual

Dapat Remisi Khusus II, 110 Napi Kristiani Bebas pada Hari Raya Natal

JAKARTA (Pos Sore) — Sebanyak 110 narapidana beragama Kristen dibebasksn pada Hari Raya Natal, Jumat (25/12). Mereka dinyatakan bebas usai menerima remisi khusus II.

“Remisi Khusus II artinya narapidana langsung bebas pada usai pemberian remisi,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Akbar Hadi, melalui siaran pers, Jumat (25/12).

Sementara itu, sebanyak 8.513 narapidana Kristen lainnya menerima remisi khusus I yang besarannya pengurangan hukumnya beragam, mulai dari 15 hari, 1 bulan, 1 bulan 15 hari, dan dua bulan.

“Remisi khusus Natal diberikan kepada narapidana beragama Kristen yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif,” jelasnya.

Persyaratan tersebut antara lain telah menjalani pidana minimal enam bulan dan tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana). Narapidana juga dinilai aktif mengikuti program pembinaan di lembaga pemasyarakatan atau rutan.

Akbar mengatakan, remisi khusus I diberikan kepada narapidana yang setelah mendapatkan remisi masih menjalankan sisa pidananya.

“Secara keseluruhan, narapidana yang menerima Remisi Natal Tahun 2015, baik RK I maupun RK II, berjumlah 8.623 yang tersebar di seluruh Indonesia,” katanya.

Pemberian remisi diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012, serta Keputusan Presiden No. 174/1999 tentang Remisi. (tety)

Related posts

Reshuffle Harus Berbasis Kinerja, Bukan Desakan Politik

Tety Polmasari

Indonesia – Serbia Miliki Ikatan Sejarah Kuat

Tety Polmasari

Ketua Fraksi PKS DPR RI Sumbangkan Gaji Untuk Korban Tsunami Banten

Akhir Tanjung

Leave a Comment