Perum Jamkrindo-Bank Jatim Teken MoU Penjaminan Kredit

Minggu, 24 Jan 2016
Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo, Bakti Prasetyo (kiri) berjabat tangan dengan Direktur Utama Bank Jatim Soeroso usai penandatangan MoU tentang lima penjaminan kredit.

JAKARTA (Pos Sore) — Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) bersama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) melakukan penandatangan Kerja Sama (PKS) tentang Penjaminan Kredit.

Penjaminan kredit yang dimaksud meliputi Penjaminan Kredit Multiguna, Penjaminan Kredit Mikro, Penjaminan Kredit Kontra Bank Garansi, Penjaminan Kredit Konstruksi Pola Keppres dan Penjaminan Kredit Konstruksi Pola Standbye Loan.

“Kerja sama kemitraan ini, sangat strategis dan bertujuan lebih meningkatkan kinerja masing-masing pemangku kepentingan baik peningkatan realisasi Kredit/Pembiayaan oleh Bank Jatim sekaligus meningkatkan volume Penjaminan oleh Perum Jamkrindo,” ujar Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo dalam acara penandatangan PKS di Hotel JW Mariot Surabaya, Selasa (20/1).

Dikatakan Bakti, kerja sama ini bukan yang pertama kali. Perum Jamkrindo bersama Bank Jatim sudah sejak lama menjalin kemitraan. “Dengan telah disahkannya UU Penjaminan, maka peran dan fungsi lembaga penjaminan akan semakin lebih luas, salah satu buktinya adalah kerja sama dengan Bank Jatim ini,” ujar Bakti.

Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso mengatakan volume penjaminan yang diterima Perum Jamkrindo dari Bank Jatim per Desember 2015 sebesar Rp28,03 miliar. Adapun jumlah nasabah yang dijamin sebanyak 18.422 nasabah.

Ia juga mengklaim penyaluran kredit Bank Jatim baik dan bertumbuh secara tahunan (year –on-year). Berdasarkan laporan keuangan Desember 2015 (audited) diketahui besarannya Rp28,41 triliun. “Naik 8,46% ,” tuturnya.

Kontribusi pertumbuhan tertinggi penyaluran kredit adalah kredit komersil naik 10% y-o-y sebesar Rp5,70 triliun, kredit konsumer naik 8,83% y-o-y sebesar Rp18,19 triliun, dan kredit UMKM naik 5,21% yakni Rp4,53 triliun.

Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkindo Bakti Prasetyo menyatakan kemitraan yang dijalin dengan Bank Jatim terbilan strategis. “Ini bertujuan lebih meningkatkan kinerja masing-masing pihak,” katanya.

Jamkrindo sendiri menargetkan tahun 2016 penjaminan kredit capai Rp115 triliun. Sejumlah Rp65 triliun di antaranya ditargetkan dari penjaminan nonkredit usaha rakyat, dan sisanya dari dari KUR.

Direktur Bank Jatim R. Soeroso mengatakan peran Jamkrindo sebagai penjamin sangat dibutuhkan Bank Jatim. Jamkrindo menjamin kredit dan memberikan mitigasi risiko. “Sebagai mitra penjamin, Jamkrindo berfungsi meminimalkan risiko kredit yang kami salurkan ke masyarakat,” katanya.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S. Anwar, sebelumnya menjelaskan Jamkrindo optimistis pertumbuhan bisnis penjaminan akan semakin baik. Jamkrindo menargetkan pada 2016 volume penjaminan kredit bisa mencapai Rp115 triliun. Sebanyak Rp65 triliun di antaranya akan ditarget dari penjaminan non KUR dan sisanya dari penjaminan KUR. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015