KSP Syariah Bisa Manfaatkan Dana Zakat dan Wakaf

Kamis, 28 Jan 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi UKM Braman Setyo, mengatakan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) memiliki peluang dan prospek dalam menghimpun dan menyalurkan dana-dana bisnis dan sosial.

Menurutnya, KSPPS bisa memanfaatkan dana zakat nasional sebagaimana dirilis Baznas tahun 2015 sebesar Rp217 triliun. KSSPS juga bisa memanfaatkan potensi wakaf uang sebagaimana dirilis Badan Wakaf Indonesia sebesar Rp30 triliun.

“Dana wakaf uang ini, potensi bagi KSPPS untuk memperkuat modal bisnis (Tamwil) yang diperoleh dengan biaya yang murah,” katanya saat membuka workshop ‘Outlook Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah 2016′, di Jakarta, Kamis (28/1).

Dari aspek bisnis, lanjut dia, KSPPS masih memiliki ceruk yang luas untuk membiayai usaha mikro dan kecil. Karena, data terakhir menyebutkan baru pada kisaran 19-21% UMKM yang memperoleh pembiayaan dari perbankan.

“Inilah yang menjadi perhatian kami bagaimana alternatif pembiayaan UMKM terus digali,” ujarnya.

Data Islamic Development Bank (IDB) 2015 menyebutkan, kondisi existing lembaga keuangan syariah Indonesia (LKSI) khususnya nonbank sebanyak 4500-5000 BMT merupakan potensi yang luar biasa untuk dikembangkan.

Dengan fakta seperti itu, kata Braman, Kemenkop UKM akan mengembangkan aspek literasi ekonomi, keuangan, dan koperasi syariah, serta menumbuhkan KSP dan pembiayaan syariah di Indonesia.

Di samping itu, juga aspek pemberdayaan dan pengembangan koperasi syariah baik dari ukuran atau volume dan kualitas, baik di bidang sosial (maal) maupun bisnis (tamwil) pada koperasi.

“Termasuk mendorong peningkatan penghimpunan dan pendayagunaan zakat, infaq, sodaqoh, dan wakaf untuk pemberdayaan usaha mikro dan kecil,” papar Braman.

Yang tak kalah penting adalah peningkatan akses pembiayaan syariah melalui advokasi dan kerjasama antar lembaga keuangan syariah.

“Keberadaan Asdep Pembiayaan Syariah ini selanjutnya akan mengawal pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan usaha simpan pinjam dan pembiayaan syariah oleh koperasi,” katanya lagi. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015