22.9 C
New York
29/05/2020
Aktual

Menguatkan Peran Santri Upaya Tangkal Radikalisme

fot 5

JAKARTA (Pos Sore) — Maraknya tindakan terorisme disikapi oleh Pergerakan Santri Nusantara. Dalam diskusi publik bertajuk ‘Proteksi Santri Terhadap NKRI dari Bahaya Laten Terorisme’, di Asrama Haji Surabaya. Mengemuka pandangan pentingnya menguatkan peran santri dalam menghadang ideologi radikalisme dan terorisme.

“Selama ini terorisme selalu diidentikkan dengan pesantren dan kaum santri. Stigma seperti ini tentu tidak benar adanya,” tegas Tegar Putuhena, Ketua Umum Pergerakan Santri Nusantara, dalam diskusi tersebut, kemarin.

Lebih lanjut, Tegar menegaskan pentingnya menangkal pemahaman radikalisme ini dengan cara menguatkan peran santri. Jumlah pesantren di Indonesia sudah cukup banyak, begitupun santri didik yang dihasilkan. Menurutnya, tumbuh berkembangnya pemahaman radikal selama ini salah satunya dipicu karena minimnya penguatan jiwa nasionalisme khususnya di kalangan santri.

“Pemerintah tentunya harus turun tangan. Pendidikan nasionalisme harus diintegrasikan dengan metode pembelajaran santri di pesantren,” katanya seraya menambahkan ke depan, peran santri harus diperhatikan oleh pemerintah dalam upaya memproteksi keutuhan NKRI.

Muhammad Hermansyah, akademisi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang turut hadir dalam diskusi tersebut juga menyampaikan pentingnya melakukan proteksi NKRI di dunia akademik. Mahasiswa harus dibentuk sebagai agen nasionalisme yang kebal terhadap paham radikal dan terorisme.

“Dalam dunia akademik harus ada peran aktif setiap stakeholder untuk mencegah tumbuh suburnya ideologi radikal,” ungkapnya.

Peristiwa bom Thamrin menurut kedua narasumber merupakan satu bukti semua pihak perlu turun tangan untuk mencegah kejadian seperti itu terulang kembali. Terorisme haruslah dipahami sebagai bahaya laten yang harus diwaspadai. (tety)

Related posts

Dekopin: Penilaian Kinerja K/L Tidak Objektif

Tety Polmasari

Tak Ada Kuota untuk Penerima Beasiswa Bidikmisi

Tety Polmasari

Peran Ibu Mampu Ubah Peradaban Bangsa

Tety Polmasari

Leave a Comment