18.4 C
New York
21/04/2021
Aktual

TKA Wajib Patuhi Aturan Ketenagakerjaan

JAKARTA (Pos Sore) — Pemerintah mengharuskan setiap Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia wajib mengikuti prosedur pengurusan ijin kerja dan tidak melanggar aturan ketenagakerjaan.

Pemerintah tetap akan melakukan seleksi ketat terhadap keberadaan TKA untuk memastikan tidak adanya pelanggaran aturan ketenagakerjaan, terutama ijin kerja selama di Indonesia.

Mengutip paparan Menaker, Biro Humas Kemnaker dalam siaran persnya, Rabu (2/3) mengatakan dalam pengurusan ijin penggunaan TKA di Indonesia ada empat hal prinsip yang menjadi pegangan.. Pertama, setiap pemberi kerja yang mempekerjakan TKA harus memiliki izin dari Menteri atau pejabat yang ditunjuk.

Kedua, pemberi kerja orang perorangan dilarang mempekerjakan TKA. Ketiga, TKA dipekerjakan dalam hubungan kerja untuk jabatan tertentu dan waktu tertentu. Keempat, pemberi kerja yang mempekerjakan TKA wajib memulangkan TKA-nya ke negara asalnya setelah hubungan kerja berakhir.

Jadi dalam penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pemerintah Indonesia tetap memberikan persyaratan pendidikan dan kompetensi bagi pengendalian TKA yang dipekerjakan di Indonesia.

Dalam pelayanan perijinan TKA, pemerintah terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, murah, aman, berkeadilan dan akuntabel, termasuk dengan dibentuknya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berada di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM).

Dengan adanya pelayanan terpadu satu pintu ini para investor dapat lebih mudah, cepat dan murah dalam mengurus perijinan terkait dengan penanaman modal sehingga diharapkan para investor akan tertarik untuk datang menanamkan modalnya di Indonesia. (hasyim)

Related posts

Empat Dokter Bicara Suka Duka Menjadi Relawan Medis Covid-19

Tety Polmasari

Giwo Rubianto: Tanggung Jawab Ibu Bangsa Bukan Penyebar Hoax

Tety Polmasari

Pelaku Kriminal Ditindak Tegas Selama Natal dan Tahun Baru

Tety Polmasari

Leave a Comment