OSIS SMP Sekolah Global Mandiri Sukses Gelar Gloriff 2016

Sabtu, 5 Mar 2016

DSC_0002

JAKARTA (Pos Sore) – Sekolah Global Mandiri sukses menggelar Global Mandiri Film Festival (Gloriff) untuk yang ketiga kalinya. Ini adalah kompetisi atau festival film pendek bagi siswa SMP yang diadakan oleh OSIS SMP Sekolah Global Mandiri. Pada tahun ini tema yang diangkat ‘Onward Update’ yang berarti generasi muda yang siap menghadapi segala macam tantangan dan tidak mudah menyerah.

Kegiatan 3rd Gloriff 2016 On Ward Up Ward ini diawali dengan Movie Workshop yang diikuti seluruh peserta Gloriff 2016. Dalam workshop satu hari ini dibuka 4 kelas yang disesuaikan dengan bidang-bidang yang terdapat dalam proses produksi satu film.

Setiap kelas mendapat bimbingan dari mentor yang berpengalaman di industri film sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bidang script writing oleh Ruslan Ghofur, Directing dimentori oleh Aris Ernaldi, Jojo Replace memberikan pengarahan mengenai editing, untuk acting diarahkan oleh Teater Zat, dan Cameramen oleh Dody Amaya.

“Setelah mengikuti workshop ini seluruh tim peserta diberi waktu sebulan untuk membuat satu film berdurasi 10 menit untuk diikutsertakan dalam Gloriff 2016 ini,” papar Rifa Ariani SE, Ak, M.Pd Direktur Sekolah Global Mandiri, Jakarta, kemarin.

Rifa mengatakan, kegiatan yang diadakan sejak 2013 ini dapat meningkatkan kemampuan siswa menentukan masa depannya sendiri terutama dalam bidang industri kreatif, yang saat ini menjadi kegiatan ekstra kurikuler sekolah.

“Dalam kegiatan ini para siswa diasah kreatifitasnya, kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan melakukan komunikasi yang baik, serta menanamkan nilai-nilai kehidupan seperti menghargai, kejujuran, toleransi, persatuan, dan kebebesan,” tambahnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga sesjalan dengan kurikulum nasional yang berorientasi pada perkembangan globalisasi dunia. Yang salah satunya yaitu kemajuan teknologi informasi sereta kebangkitan industri kreatif dan budaya. Kurikulum baru ini nantinya juga berbasis kompetensi dengan pemikiran kompetensi berbasis sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Mengingat betapa bermanfaatnya kegiatan ini, ke depan, kata Rifa, penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan tidak lagi batasan wilayah Jabodetabek, melainkan seluruh Indonesia. Terlebih kegiatan ini menjadi salah satu cara mengontrol penggunaan gadget pada anak yang diarahkan kepada kegiatan yang lebih positif.

Para pemenang di ajang 3rd Gloriff 2016 sudah diumumkan pada Sabtu (27/2) lalu dengan juri Anindya Kusuma Putri (Puteri Indonesia 2015), Kezia Warouw (Puteri Indonesia 2016), Emil G Hampp, Alika Savira, Jojo Replace, Dody Amaya, dan Adis.

Ketua Panitia Gloriff 2016, Sang Ayu Putu Damaghita Leverda Suri yang akrab disapa Dama, menambahkan, keterlibatannya sebagai panitia dalam kegiatan ini untuk menggali lagi kemampuannya dalam berorganisasi. Jika pada tahun sebelumnya ia menjadi peserta, maka pada tahun ini sang Ketua OSIS periode 2015-2016 ini lebih memilih menjadi panitia.

“Aku ingin merasakan pengalam dalam berorganisasi, dan ini adalah suatu tantanngan tersendiri buat aku. Aku juga bisa belajar menjadi pemimpin yang baik dan belajar mengenal beberapa karakter orang,” kata juara The Best Academic of Year 7 ini.

Adapun para sineas muda yanng meraih penghargaan di ajang cukup bergengsi untuk tingkat SMP ini, yaitu:
Best Film : Menggenggam Mimpi (SMP Dian Didiktika, Depok)
Best director : Handycam (SMPN 3 Gunungputri)
Best scriptwriter : Minus (SMP Global Mandiri, Cibubur)
Best actor in leading role : Bad Mission (SMPN 3 Gunungputri)
Best actress in leading role : Handycam (SMPN 3 Gunungputri)
Best actor/actress in supproting role : Tidak Sekarang Tidak Nanti (SMP Tugasku, Jakarta)
Best film editing : Revenge (SMP Tugasku, Jakarta)
Best shot/cameraman : Menggenggam Mimpi (SMP Dian Didaktika, Depok)
Best poster : poster (SMP Global Mandiri)

(tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015