Keberadaan Transportasi Berbasis Online Tak Terhindarkan

Selasa, 22 Mar 2016
foto istimewa

JAKARTA (Pos Sore) — Masyarakat Indonesia dikejutkan dengan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh puluan ribu sopir taxi di Jakarta akibat dari persaingan bisnis yang semakin ketat, antara industri yang menggunakan sistem online dan industri konvensional yang diwarnai sejumlah aksi anarkhis.

Menangapi aksi itu Menaker M. Hanif Dhakiri mengatakan munculnya bisnis berbasis aplikasi online memang tak bisa terhindarkan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan peradaban manusia.

Namun, perkembangan teknologi yang sedemikian pesat juga harus memperhatikan industri konvensional yang belum menerapkan aplikasi online sebagai bagian dari usahanya.

Implementasi sistem teknologi dan informasi ke dalam dunia industri menjadi sebuah kewajaran dewasa ini. Hal tersebut merupakan langkah dari industri bersangkutan agar lebih kompetitif.

Dia mengatakan berkembangnya teknologi dan informasi, harus diimbangi dengan perkembangan industri dan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan demikian, lanjut Hanif, dampak tersebut mestinya dikelola dengan baik, sehingga dampak negatifnya pun dapat diantisispasi.

Menaker menjelaskan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi SDM tersebut adalah melalui pelatihan kerja. Dengan adanya SDM yang kompetitif, dampak negatif dari persaingan bisnis akan dapat diminimalisir. (hasyim)