7 C
New York
26/02/2021
Aktual

Posisi Perempuan Kepala Daerah Percepat Kemajuan Bangsa

Palmerah-20160504-02362

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, berpendapat, semakin banyak jumlah perempuan menjadi kepala daerah, semakin cepat kemajuan bangsa. Pelaksanaan pengarusutamaan gender juga mengalami kemajuan.

“Selain itu, semakin terbukanya paradigma kesetaraan gender sehingga memberikan peluang bagi perempuan untuk meningkatkan partisipasinya di segala bidang pembangunan,” katanya saat membuka Forum Diskusi Evaluasi Pilkada 2015, yang diadakan Yayasan Gerakan Suara Perempuan Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, di Jakarta, Rabu (4/5).

Menurut Menteri Yohana, agar peluang posisi perempuan di daerah semakin terbuka, perlu kerjasama siergi antar semua kelompok masyarakat. Baik laki-laki dan perempuan, baik yang ada di ranah pemerintahan maupun kemasyarakatan, serta ranah bisnis. Ketiga entitas ini menjadi kesatuan yang saling mempengaruhi terhadap maju mundurnya suatu bangsa.

Menteri mengungkapkan, pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2015 memberikan arti penting bagi perempuan karena dari 528 calon kepala daerah/wakil kepala daerah, di antaranya terdapat 124 perempuan atau 23,4%. Sedangkan sebanyak perempuan cakada terseut terlah terpilih sebanyak 46 orang atau 37,1% yang terdiri dari 24 perempuan menjadi kepala daerah dan 22 perempuan menjadi wakil kepala daerah.

“Hasil pilkada tersebut menggambarkan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan perempuan,” tandas menteri.

Yohana mengapresiasi kaum perempuan yang berhasil menjadi kepala daerah, khususnya di Kabupaten Klaten. Duet Sri Hartini dan Sri Mulyani berhasil mencatat sejarah sebagai pasangan bupati-wakil bupati perempuan pertama di Indonesia.

Adanya kemudahan bagi perempuan untuk bisa meningkatkan partisipasinya di segala bidang pembangunan manusia, khususnya di bidang politik seperti menjadi kepala daerah, diharapkan mereka dapat memperjuangkan kepentingan perempuan di daerahnya. Baik untuk pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. (tety)

Related posts

Kokohkan Keluarga Indonesia dengan Al Quran

Tety Polmasari

Menaker, Mendikbud dan Mendag Bersinergi Siapkan Tenaga Kerja Berkualitas

Tety Polmasari

Bulog dan Kementan Gelar Rapat Koordinasi

Tety Polmasari

Leave a Comment