Kemenkop Gandeng Posdaya Optimalkan Peran Koperasi

Senin, 9 Mei 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) untuk mengoptimalkan peran koperasi di kalangan masyarakat.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkop UKM Prakoso BS, mengatakan, pihaknya menggandeng Posdaya karena dianggap strategis sebagai suatu forum silaturahmi advokasi, komunikasi, informasi, edukasi, dan wadah koordinasi kegiatan penguatan fungsi-fungsi  keluarga secara terpadu.

“Bersama Posdaya kami memberdayakan  koperasi melalui pelatihan bagi kelompok Posdaya mitra dan anggota koperasi,” katanya.

Kerja sama dengan Posdaya meliputi pemberian bekal dan pelatihan bagi fasilitator koperasi anggota Posdaya di beberapa kota di antaranya Malang, Jakarta, Bogor, dan Padang.

Di Jakarta kegiatan itu dilaksanakan pada awal Mei 2016 di Universitas Trilogi Jakarta dengan peserta 90 orang. Dihadiri pula oleh tokoh masyarakat di antaranya Ketua Umum Yayasan Damandiri Soebiyakto Tjokrowerdaya.

“Tujuan pelatihan yang diberikan adalah untuk meningkatkan kemampuan tenaga fasilitator dan pengurus kelompok pada koperasi posdaya di bidang perkoperasian,” katanya.

Setelah mendapatkan pelatihan, mereka kemudian diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada anggota kelompok Posdaya yang pada akhirnya para anggota memahami koperasi sehingga tidak ragu lagi untuk menjadi anggota koperasi yang aktif.

Bagi Posdaya sendiri, koperasi dianggap sebagai satu di antara opsi pendekatan yang dinilai tepat dalam mengembangkan forum menjadi semakin mandiri.

Menurut Prakoso, kerja sama dengan Posdaya ini sangat tepat untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi.

“Kenapa demikian karena tujuan koperasi adalah untuk menyejahterakan anggota, bukan untuk kepentingan pengurus.”

Anggota sebagai pemilik dan pengguna, maka anggota penting perannya, mereka harus didorong untuk aktif berkiprah di koperasi serta memahami hak dan kewajibannya dalam koperasi. (tety)