13 C
New York
19/04/2021
Aktual

KKP-Kemenhan Sepakat Tingkatkan Kerjasama Berantas Illegal Fishing

Tanah Abang-20160510-02388

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kementerian Pertahanan meningkatkan kerjasama pemberantasan Illegal Unreported and Unregulated Fishing.

Kesepakatan yang ditandatangani Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Pertahanan Rymizard Ryacudu itu sebagai upaya pemerintah Indonesia menguatkan pengawasan di bidang kelautan dan perikanan.

“Ini juga sebagai wujud komitmen pemerintah dalam memberantas ilegal fishing di wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indonesia yang telah menimbulkan kerugian negara akibat pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara ilegal,” kata Menteri Susi, di Kementerian Pertahanan, Selasa (10/5).

Menurut Susi, upaya peningkatan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan sangat memerlukan berbagai dukungan.

“Mulai dari data dan informasi, dukungan kebijakan strategis pertahanan negara, strategi yang jitu, pemanfaatan teknologi agar dapat berjalan efektif dan efisien, mampu menimbulkan efek jera, serta mengintegrasikan kekuatan antarlembaga,” tambahnya.

Dikatakan, pemerintah perlu melakukan pengadaan pesawat udara negara jenis Marine Surveilance Aircraft (MSA) dengan kemampuan enndurance 8-10 jam terbang agar bisa mengawasi perairan Indonesia secara optimal.

Pesawatnya juga perlu dilengkapi monitoring, control, surveilance (MCS) perikanan, instrumen pengawasan penangkapan ikan (while fishing), search radar, forward looking intra red. AIS Transfonder dan datalink dari pesawat ke kapal pengawas dan kapal markas.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen KKP Sjarief Widjaja, menambahkan, perjanjian kerjasama dengan Kemhan terkait asistensi pengadaan pesawat negara tersebut dilaksanakan agar dalam proses pengadaannya dapat sesuai dengan kebutuhan KKP untuk melakukan patroli udara di beberapa titik yang rawan kegiatan ilegal fishing. (tety)

Related posts

Seks Aktif, Wanita Dianjurkan Rutin Deteksi Dini Kanker Serviks

Tety Polmasari

Kini Perguruan Tinggi Berkesempatan Sama untuk Berkembang

Tety Polmasari

Handling Multiple Assignments – The Keys to Success

Tety Polmasari

Leave a Comment