26 C
New York
06/07/2020
Aktual

Sinergi Koperasi dan UKM Ciptakan Ekosistem Kewirausahaan

JAKARTA (Pos Sore) — Galeri Indonesia WOW kembali menyelenggarakan SMESCO-Marketeers Creativity Day bertajuk ‘SME Eco-System’, pada Minggu (29/5). Berbagai kegiatan seperti fashion show, talkshow, hiburan, dan pelatihan membuat proposal ini cukup menyedot para pengunjung.

Event bagi para insan kreatif dan produktif ini menekankan pentingnya ekosistem dalam satu komunitas bersinergi mendorong meningkatkan produktivitas dan keuntungan produk-produk UKM. Sekaligus diharapkan dapat menjawab persoalan masyarakat akan tingginya tingkat pengangguran di tanah air.

“SME Eco-System ini secara bebas dapat diterjemahkan sebagai salah satu bentuk usaha yang elemen di dalamnya saling berinteraksi satu sama lain dan saling berbagi sumberdaya dengan tujuan untuk dapat mengembangkan network atau lingkungan itu sendiri,” jelas Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM, di Jakarta.

Ahmad Zabadi mencontohkan UKM batik yang tentunya dapat bersinergi dengan pemasok bahan pembuat batik serta bersinergi dengan perusahaan kargo untuk transportasi produknya. Dengan demikian, sinergi di antara mereka dipercaya dapat memotong biaya operasional dan meningkatkan produktivitas.

“Indonesia sebenarnya menyimpan beragam potensi bisnis yang dapat bersinergi dan melakukan praktek simbiosis mutualisme. Sayangnya, belum semua potensi tersebut dikembangkan secara maksimal sehingga masing-masing UKM bekerja sendiri-sendiri,” kata Ahmad Zabadi.

Karenanya, LLP-KUKM sebagai institusi yang menaungi Galeri Indonesia WOW, mengembangkan koperasi dan UKM dari berbagai sektor bisnis seperti fashion, handicraft, furniture, kain dan kuliner. LLP-KUKM juga mengajak para pelaku usaha untuk bersinergi dengan pelaku usaha lainnya.  

“Sinergi antara UKM satu dengan lainnya mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Bekerja sama dalam situasi yang kondusif sangat menguntungkan para pelaku usaha. Karena itu,  lebih banyak jaringan lebih baik,” tambah Ahmad Zabadi.

Agar lebih mengena, even SMESCO-Marketeers Creativity Day bulan kelima tersebut menghadirkan Instruktur training dari Kinara yang memberikan materi bagaimana menggaet partner dan saling bersinergi dalam mengembangkan usaha.

“Even ini memang sengaja tiap bulan diadakan dengan tujuan mengajak seluruh masyarakat dan para pihak yang berkepentingan untuk lebih dekat terhadap produk Indonesia dan menghargainya dengan cara membeli dan menggunakannya,” tambah Ahmad Zabadi.

Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP-KUKM Bagus Rachman, menambahkan, event SMESCO-Marketeers Creativity Day ini mengajak para start up (pebisnis pemula), youth (anak muda), nitizen (blogger atau pengguna internet), women (wanita) untuk sama-sama memanfaatkan fasilitas yang terdapat di Galeri Indonesia WOW dengan melipatkan komunitasnya.

“Tema kegiatan yang untuk kelima kali diadakan ini bisa juga diartikan sebagai upaya membentuk ekosistem kewirausahaan dalam komunitas. Artinya, di Galeri Indonesia WOW ini menjadi creative hub bagi para start up. Mereka bisa berpraktek, bertemu dengan satu UKM dengan UKM lainnya, saling memotivasi, saling mengedukasi,” paparnya.

Bagus menambahkan, dalam ekosistem kewirausahaan ini juga bisa saling mempromosikan, memperkenalkan, dan membangun brand awarenes. Pihaknya berharap, tahun depan segala fasilita Galeri Indonesia WOW ini sudah bisa dimanfaatkan secara optimal.

“Komunitas memiliki kekuatan untuk bisa mempengaruhi dan mengajak anggotanya untuk melakukan gerakan positif agar lebih mencintai produk lokal, bahwa menggunakan produk UKM juga tetap keren, tak kalah dengan produk luar negeri,” tandasnya.

Galeri Indonesia WOW ikut menumbuhkan kewirausahaan (start-up Business) melalui berbagai fasilitas yang ada, seperti Co-Working Space, Maker Space, Creativity Stage, Investor Meeting Point, dan Curated Concept Store serta Pop-Up Store. (tety)

Related posts

Ketua DPR Setya Novanto Lantik 7 Anggota PAW DPR

Tety Polmasari

3 Mucikari Jual Perempuan Di Bawah Umur Diamankan

Tety Polmasari

Coretan Gambar Babi di Masjid Polandia

Tety Polmasari

Leave a Comment