22.9 C
New York
29/05/2020
Aktual

Sikap Tenang Komjen BG Dinilai Tepat

JAKARTA (Pos Sore) – Sempat tersandung masalah hukum yang kemudian ternyata tidak terbukti, nama Komjen Pol Budi Gunawan (BG) ‘tiba-tiba’ muncul lagi sebagai calon kuat pengganti Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang mulai memasuki masa pensiun. Wakapolri ini dinilai layak menjadi orang nomor satu di korps Bhayangkara tersebut.

Meski ia banyak mendapat dukungan untuk menduduki kursi Polri 1, namun Komjen Pol BG tetap tenang. Tidak terlihat ambisius seperti beberapa tahun lalu kala ia dicalonkan menjadi Kapolri.

Pakar Hukum Pidana dari Universitas Parahyangan Agustinus, menilai, sikap Komjen Budi Gunawan yang tetap berupaya tenang bahkan nampak tidak berambisi, lalu kemudian tetap menjalankan tugasnya sebagai Wakapolri, sudah tepat dalam menyikapi perkembangan maupun media massa dalam hal calon Kapolri

“Sikap Komjen Budi Gunawan itu sudah tepat, sebab siapa nanti pengganti Kapolri Jenderal Badrodin Haiti adalah hak prerogatif Presiden. Soal calon pengganti Kapolri itu bisa siapa saja yang nantinya tergantung bagaimana Presiden menentukan,” ujar Agustinus, di Jakarta, Selasa (31/5).

Apakah perpanjangan masa jabatan Kapolri diperpanjang atau tidak, Agustinus menyerahkannya kepada Presiden karena itu juga hak prerogatif Presiden.

“Jadi Presiden yang menentukan apakah Jenderal Badrodin Haiti diperpanjang atau tidak. Posisi Wakapolri yang tetap tenang dan tidak berupaya melakukan promosi, itu juga hal yang tepat,” katanya.

Sementara itu, pakar Psikologi dari Universitas Indonesia Prof. Sarlito Wirawan Sarwono belum ingin membicarakan kesiapan mental para calon pengganti Jenderal Badrodin Haiti.

“Saya tidak bisa memberikan komentar yang bersifat personal. Kita tunggu saja pergantian Kapolri,” ujarnya.

Di tempat terpisah Pengamat Kebijakan Publik Sudarsono Hadisiswoyo mengatakan struktur di Korps Bhayangkara itu sudah jelas dan rapi.

“Mekanisme kan sudah saatnya. Dari segi menghadapi berbagai persoalan, mental Budi Gunawan kuat. Tentunya layak menjadi Kapolri,” tegasnya. (tety)

Related posts

Unnes Jadi Universitas Konservasi

Tety Polmasari

Kemenkop: UU LKM Memperjelas Status Lembaga Keuangan

Tety Polmasari

Jika Berusia 25 Tahun, Arsip Statis Boleh Dipublikasikan

Tety Polmasari

Leave a Comment