Usaha Travel Online Sahara Buka Peluang UMKM Jadi Agen

Rabu, 1 Jun 2016

IMG-20160601-WA0005

    Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram (tengah) didampingi Founder komunitas SAHARA, Sharmila, Dirut LLP KUKM Ahmad Zabadi dan Adi Sasono meresmikan Launching www.shara-aerotravel.com, di gedung SMESCO Tower, Jakarta (1/6)). Agus menegaskan usaha travel online mampu membuka peluang bagi Koperasi dan UMKM menjadi agen travel online

JAKARTA (Pos Sore) — Koperasi diyakini bisa berkembang dengan cepat jika mampu memafaatkan IT (Informasi dan Tehnologi). Karena itu, untuk mengejar ketertinggalan dengan swasta maupun usaha besar, koperasi akan diarahkan secara serius berkiprah di perdagangan digital atau e-commerce.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram menegaskan hal itu saat meresmikan usaha travel online, www.sahara-aerotravel.com yang merupakan kerjasama antara komunitas SAHARA (Sahabat Usaha Rakyat) dengan Aero Travel, anak perusahaan Garuda Indonesia (GI), di gedung Smesco, Jakarta, Rabu (1/6).

“Saat ini saja sudah ada Koperasi Digital Indonesia, yang akan mampu menaungi jutaan anggota, sementara dari Kementerian Koperasi dan UKM, kami juga sudah menyediakan layanana digital di berbagai PLUT (Pusat Layanan UKM Terpadu) yang ada,” kata Sesmenkop Agus Muharram.

Selain mampu tumbuh pesat, usaha koperasi dan UKM melalui layanan digital ini juga mampu nenampung tenaga kerja bagi pelaku UMKM dan koperasi di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pendapatannya melalui berbagai usaha yang di tekuni. Agus memberi contoh, usaha travel online Sahara ini, yang membuka peluang bagi UMKM dan Koperasi untuk menjadi agen.

“Katakanlah setiap koperasi memiliki dua pegawai yang mengurus usaha trave online ini, maka akan ada 240 ribu tenaga kerja baru, karena jumlah koperasi aktif di Indonesia saat ini sekitar 140 ribu, di mana 80 ribu di antaranya sudah mampu melakukan RAT (rapat akhir tahunan-red),” katanya.

Sementara itu, Sharmila, selaku pendiri Sahara mengatakan Sahara adalah komunitas para pengusaha yang beranggotakan para pelaku UMKM dan anggota Koperasi yang berasal dari berbagai organisasi dan masyarakat umum dengan tujuan meningkatkan pendapatan anggotanya.

“Saaat ini, Sahara sudah memiliki 3 juta database anggota yang akan digerakkan untuk mensukseskan usaha travel ini,” katanya. Dengan usaha ini, maka diharapkan melahirkan banyak wirausahawan baru, sehingga membantu target pementah untuk melahirkan 1 juta wirausaha baru,” katanya. (tety)