Hasene Gandeng IZI Salurkan Bantuan Paket Makanan untuk Umat Muslim Indonesia

Jumat, 3 Jun 2016

Menteng-20160603-02499

JAKARTA (Pos Sore) — Lembaga zakat nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bekerjasama dengan Hasene Jerman memberikan bantuan sembako untuk umat muslim di sejumlah titik di Indonesia. Bantuan sudah diserahkan antara 30 Mei sampai 2 Juni 2016. Bantuan difokuskan kepada mereka yang membutuhkan khususnya anak yatim dan janda.

“Bantuan sengaja diberikan lebih cepat agar umat Islam bisa lebih siap mengahadapi berbuka dan sahur saat puasa,” ujar Direktur IZI Wildhan Dewayana, di Jakarta, Jumat (3/6).

Sebanyak 2000 paket sembako dibagikan kepada sebagian besar muslim Papua dan wilayah sekitar Jakarta. Rinciannya yaitu 1000 paket di Papua Barat dekat Sorong dan 1000 paket lainnya ke Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Paket seharga Rp330 ribu itu berupa beras, gula, tepung terigu, mie instan, kacang dan minyak goreng.

Dalam kerja sama ini, Wildhan menjelaskan, IZI berperan sebagai koordinator operasional. Sebagai implementator lokal, IZI megakomodasi data-data wilayah sasaran dan bersama-sama dengam Hasene melakukan pendistribusian bantuan ke wilayah sasaran.

Menurut Wildhan, kerja sama dengan lembaga sosial kemanusiaan (LSM) yang berpusat di Jerman ini sudah terjalin cukup lama, yakni sejak bencana tsunami Aceh pada 2004. Usai tsunami Aceh, kerja sama berlanjut antara IZI dan Hasene setiap tahunnya dalam program distribusi qurban pada momen Idul Adha.

Tahun ini, kali pertamanya bagi IZI dan Hasene terlibat kerjasama dalam penyaluran bantuan di momen Ramadhan. Ke depan, kedua lembaga ini rencananya akan memperluas kerjasama melalui program-program lain.

Hasene Germany pada Ramadhan kali ini membagikan 2.000 paket makanan untuk 12 ribu umat muslim di Indonesia. NGO internasional yang bermarkas di Jerman itu pun kembali menggandeng IZI.

“Ini untuk kedua kalinya kita berkerjasama dengan IZI. Tahun lalu kita juga sudah berkerjasama membagikan hewan qurban dan 4.000 paket makanan,” kata Director South East Asia Hasene, Ufuk Secgin.

Secara global Hasene berhasil mengumpulkan 80.177 paket makanan dalam kampanye tahunan untuk Ramadhan di 52 negara di bawah pengawasan 224 sukarelawan Hasene dari berbagai negara. Slogan kampanye tahun ini adalah ‘tingkatkan keberkahan anda bersama dengan kampanye makanan kami dan buatlaah senyum di wajah mereka’.

Ia mengutarakan berbagi selama Ramadhan merupakan pengalaman spesial. Ramadhan ini kesadaran akan solidaritas dan berbagi dengan sesama meningkat sangat tajam. Dengan kampanye tersebut, Hasene membagikan puluhan ribu paket makanan di puluhan negara dan menjangkau ratusan ribu orang yang hidup dalam kemiskinan.

“Kami berterima kasih kepada mitra kami IZI atas perencanaan dan pelaksanaan kampanye yang sangat bagus ini dan berharap dapat melanjutkan kemitraan ini di Kampanye Kurban pada Idul Adha nanti yang rencananya akan mengirimkan tim dengan 9 sukarelawan,” tambah Ufuk

Hasene sendiri, katanya, telah menjalankan kegiatan kemanusian dan sosial di Indonesia sejak 2004, dengan diawali membantu korban tsunami di Aceh. (tety)