Di Galeri Indonesia WOW! Produk UKM Wow Keren!

Minggu, 5 Jun 2016

gaya

SUDAH setahun ini wajah gedung Smesco UKM dimake over. Dipoles sana sini seperti pipi yang diberi pemulas atau blush on sehingga terlihat cantik dan elegan. Sentuhan indah ini membuat gedung yang dikelola Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM ini pun semakin hidup dan berwarna.

Semula, di gedung ini produk-produk unggulan UKM dari berbagai propinsi di Indonesia hanya didisplay dalam balutan ‘UKM Gallery’. Memang tetap ditata rapi dan dipilah-pilah berdasarkan provinsi, namun gedung ini tetap terasa kurang hidup. Kini, nuansa gedung Smesco ini lebih hidup dan lebih berwarna. Kegiatan pun semakin semarak

Setiap bulan diadakan Smesco Creativity Day dengan tema berbeda dan menampilkan tokoh-tokoh yang peduli pada kekuatan UKM. Diselingi talkshow dengan narasumber pelaku ukm yang sukses membangun bisnis, fashion show, berbagai lomba, dan aneka workshop. Yang berkunjung pun bukan lagi generasi tua, melainkan generasi muda. Tak kalah menarik, dihadirkan pula hiburan musik dan tarian yang dimainkan anak-anak muda.

kuliner

Masih ada lagi. Pada minggu-minggu tertentu diadakan Pasar Sabtu Minggu (Pastugu) yang menghadirkan aneka kuliner dari berbagai daerah di halaman gedung Smesco UKM. Ada pula even Dapur Nusantara atau ‘Dara’ yang juga menampilkan kuliner-kuliner nusantara dari mitra binaan LLP-KUKM. Dan, banyak lagi kegiatan lainnya yang membuat gedung Smesco semakin dikenal masyarakat.

Perubahan ini seiring perubahan ‘Gallery UKM’ menjadi ‘Galeri Indonesia WOW!’. Fungsi gedung juga ditingkatkan. Menjadikan Smesco RumahKU sebagai sarana berprosesnya calon entrepreneur atau wirausahawan menjadi pelaku usaha yang terampil dan mandiri.

Dengan adanya perubahan ini orang-orang yang berkunjung ke sini pun menjadi terkagum-kagum dan sering terlontar kata ‘wow’ dari bibir mereka. Bisa jadi karena produk-produk UKM yang menjadi mitra LLP-KUKM di ‘Galeri Indonesia WOW’ wow semua. Meski produk lokal, tapi ‘wow, keren’ juga dikenakan. Tak kalah dengan produk branded.

“Bisa dibilang Galeri Indonesia Wow adalah re-branding dari UKM Gallery yang sebelumnya sudah ada di gedung SME Tower. Kita tambahkan sentuhan-sentuhan agar semakin pemanfaatan gedung ini semakin maksimal sehingga ada nilai tambah bagi pelaku UKM yang akhirnya bisa naik kelas. Ini menjadi tempat proses inkubasi pemasaran bagi pelaku KUKM,” tandas Direktur Utama LLP-KUKM Kemenkop UKM Ahmad Zabadi, terkait perubahan penampilan gedung yang dikelolanya.

Sentuhan-sentuhan yang dimaksud yakni tersedia workshop bagi pelaku KUKM untuk ujicoba dan pembelajaran dalam proses pembuatan produk, tersedia pula ruang kolaborasi (co working space), tersedia tempat display produk (curated concept store) serta menjadikan sarana untuk mempertemukan KUKM dengan seniman dan desainer (creative hub). GIW juga menjadi tempat pertemuan investor yang siap menjadi mitra atau bapak angkat bagi KUKM yang menjadi anggota GIW (investor meeting point).

“Dengan adanya berbagai fasilitas yang diberikan oleh Smesco, diharapkan para pelaku usaha dan calon pelaku usaha bisa tumbuh dan berproses. Untuk itu, diharapkan para pelaku usaha bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan maksimal,” tambahnya.

Pembangunan GIW dengan anggaran Rp3,4 miliar ini hasil kemitraan antara LLP-KUKM Kemenkop dan UKM, Markplus Inc dan PT Astra International. Kemitraan tersebut bertujuan agar integrasi antara berbagai pihak dalam pemberdayaan KUKM dapat mengakselerasi bisnis KUKM untuk lebih maju dan berkembang.

ahmad-zabadi-3

“Saya berharap kehadiran Galleri Indonesia Wow mampu menjadi sumber inspirasi. Produk Indonesia itu wow atau keren. Industri produk UKM kita keren, benar-benar membanggakan. Semoga menjadi sumber inspirasi karena produk Indonesia beda dengan negara-negara lain,” tambahnya.

Kehadiran Galeri Indonesia WOW juga diharapkan semakin mendekatkan masyarakat dengan gedung Smesco RumahKU, bahwa gedung ini benar-benar Rumahnya Koperasi dan UKM. Bahwa gedung ini layak juga disandingkan dengan mal-mal terkemuka di Indonesia. Jika ingin beli produk lokal tapi brand global ya datang saja ke gedung Smesco. Inilah salah satu cara mencintai produk buatan Indonesia.

“Siapa lagi kalau bukan kita yang memajukan bangsa Indonesia. Siapa lagi kalau bukan kita yang mencintai produk Indonesia. Produk lokal kita hebat-hebat lho, tak kalah dengan produk branded. Sepatu yang saya pakai ini hasil produk UKM dan kuat,” katanya.

Dari sejumlah kegiatan tersebut, masyarakat pun semakin mengenal produk-produk lokal dari seluruh daerah hasil dari UKM yang ada di Indonesia. Pengunjung akan mengingat jika GIW adalah tempat untuk mencari produk berkualitas asal Indonesia. Ini adalah Taman Mini-nya produk-produk UKM di seluruh Indonesia 

wow

Galeri Indonesia WOW ini memang menjadi salah satu program andalan Kementerian Koperasi dan UKM. Program ini disiapkan untuk meningkatkan kemampuan usaha KUKM dengan program pelatihan, bantuan modal usaha dan bantuan promosi produk. Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga berharap dengan adanya Galeri Indonesia Wow akan semakin banyak pelaku UKM yang naik kelas.

Saat ini terdapat sekitar 60 ribu usaha menengah di Indonesia, yang terdiri atas usaha besar sekitar 5 ribu dan usaha kecil sekitar 700 ribu. Jumlah usaha mikro paling banyak mencapai 57 juta.  

“Sebanyak 98% dari pelaku usaha adalah UKM sehingga kita harus dapat memberi porsi lebih kepada UKM. Apalagi krisis ekonomi yang pernah terjadi pada tahun 1998 telah membuktikan jika UKM ternyata mampu bertahan dan terus berkembang,” kata menkop.  

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga selalu menekankan, Galeri Indonesia WOW (GIW) adalah media yang diperuntukkan bagi anak muda (youth), perempuan (women), dan netizen. Dari ketiga unsur ini diharapkan dapat muncul UKM-UKM yang memiliki orientasi ekspor. Terutama di era digital ekonomi seperti sekarang ini. Terlebih di gedung ini menjadi tempat kolaborasi ekonomi kreatif antara tiga komponen Artist, Business, dan Goverment (ABG).

“Keberadaan Galeri Indonesia WOW adalah peluang kemudahan telah disediakan untuk para UKM agar naik kelas, produk-produknya diekspor ke mana-mana. Lokasi gedung Smesco RumahKU ini juga dapat dijangkau bagi para UKM dan pengunjung,” tambahnya.

GIW juga  membuka kesempatan untuk dijadikan basecamp yang dilengkapi sarana wifi.  UKM diperkenankan menggunakan GIW sebagai kantor virtual.  Hal ini dilandasi kesadaran jika usaha yang baru merintis, tentunya membutuhkan tempat bertemu dan alamat kantor yang layak sehingga dapat branding. Pertemuan bisnis dapat dilakukan di Investor Meeting Room

ukm

Galeri Indonesia Wow yang menjadi andalan SMESCO RumahKU ini diharapkan dapat membantu UKM untuk meningkatkan kualitas produksinya, meningkatkan bisnis dan kualitas produk UKM, dan memperluas pasar UKM. “Seandainya fasilitas GIW ini bisa dimaksimalkan dengan baik, optimis UKM di Indonesia akan berkembang semakin baik, semakin banyak, dan mampu naik kelas,” tandas menkop.  

Dalam waktu 1 tahun terakhir ini terbukti semakin banyak negara lain yang mengunjungi Smesco karena mendengar keunggulan produk-produk UKM mitra binaan LLP-KUKM. Brunei, Malaysia, Korea, Afrika, Zimbabwae, Mesir, Eropa, dan banyak lagi yang berminat bekerjasama. Dengan kerjasama ini produk UKM pun semakin mengglobal. Negara lain saja bangga dengan produk UKM kita, mengapa kita tidak?

Namun, menkop mengingatkan masih banyak UKM yang belum mengerti dan belum memanfaatkan online digital untuk menunjang usaha mereka. Padahal, perkembangan teknologi saat ini, mau tidak mau harus diikuti dengan melakukan bisnis yang juga menggunakan basis teknologi. Sehingga masalah sosial pun harus dapat diatasi melalui basis teknologi. Social Technopreneur, menurut menkop, menjadi kunci untuk berkembang dan bersaing di dunia internasional.

“Tantangan lain adanya anggapan harga produk UKM yang masih dinilai cukup mahal untuk ukuran kantong masyarakat kebanyakan. Meski harga ini dinilai pantas dan wajar untuk hasil kualitas kerja UKM yang memang membutuhkan ketelitian dan ketekunan. Sebagai hasil kreatifitas, saya berpendapat harga ini masih wajar,” jelasnya.

mensos

Tak hanya masyarakat biasa yang terkagum-kagum dengan wajah baru gedung Smesco RumahKU. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, salah satu pejabat juga terkagum-kagum dengan Galeri Indonesia Wow yang berada di gedung Smesco RumahKU. Sang menteri mengapresiasi produk-produk yang ada di sini. Selain produknya bagus, harganya pun terjangkau. Tak beda dengan yang dijajakan di pusat perbelanjaan.

“Uniknya, di Galeri Indonesia Wow ini produk-produk UKM-nya dari seluruh provinsi di Indonesia. Ini menandakan produk-produk tersebut mewakili budaya dan karakter produk Indonesia,” tutur perempuan berkerudung ini sambil melihat-lihat sejumlah produk unggulan yang ada di Galeri Indonesia Wow

Apalagi produk-produk seperti fashion, aksesoris, sepatu, furniture, kerajinan tangan, musik, kuliner, herbal, ditata sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik dan eksklusif. Seperti produk-produk yang ditawarkan dan dipromosikan di mal-mal ternama. Maka, tidak heran ketika Menteri Khofifah masuk ke gedung ini, dirinya dibuat terkagum-kagum, dan serasa berada di pusat perbelanjaan bintang lima! Matanya berbinar-binar. (tety)

keren

Populer
Terkomentari
Daya Saing Dan Teknologi Masih Rendah
Hadapi Persaingan Sekelas TPP, Industri Otomotif Masih Berat
Rabu, 1 Juni 2016
Indonesia Siapkan Pekerja Formal ke Qatar dan UEA
Tersedia 24.000 Peluang Kerja Bagi Pekerja Formal
Rabu, 1 Juni 2016
Kader Partai Demokrat Menggugat SBY
AYY : Pelanggaran Serius Bisa Mengarah Ke KLB
Rabu, 1 Juni 2016
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015