Berbuka Puasa Di Masjid Istiqlal

Senin, 6 Jun 2016
Suasana berbuka puasa di Masjid istiqlal

JAKARTA (Pos Sore) — Masjid Istiqlal Jakarta setiap hari dikunjungi sekitar 2.000 orang untuk berbuka puasa bersama yang sebelumnya diisi dengan Tauziah, pembacaan Al Qur’an dan Shalawat Nabi Muhammad SAW.

Ummat Islam yang akan berbuka puasa di Masjid Istiqlal mulai berdatangan pada pukul 16.00 dan langsung menuju lantai 2 yang disiapka panitia sebagai tempat berbuka. Beberapa menit sebelum azan magrib dikumandangkan, boks berisi nasi mulai disebarkan oleh panitia.

Menu dalam boks putih itu terdiri dari nasi, ayam, telor balado, sayuran dan sambal. Disediakan pula minuman air putih dan teh manis kemasan serta kurma 3 buah.

Wakil Ketua Bidang Takmir sekaligus Wakil Ketua Amaliyah Ramadan Masjid Istiqlal Mohammad Wahyono mengatakan, pihak masjid menyediakan 2.500 hingga 3.000 boks nasi dari rumah makan yang sudah menjalin kerjasama.

“Senin, Rabu dan Kamis porsi yang disediakan 2.500 boks karena banyak orang yang mau buka puasa di rumah. Kalau Jumat, Sabtu dan Minggu kita sediakan 3.000 boks karena banyak orang dari luar kota mau ke masjid ini,” terang Wahyono saat berbincang.

Untuk membeli makanan berbuka puasa tersebut diperoleh dari amalan infak jemaah saat salat fardhu dan salat Jumat di masjid. Selain itu ada pula dari sumbangan warga dan kedutaan besar.

Jika ada sisa makanan berlebih, panitia membagikannya kepada warga di sekitar lokasi masjid. Namun jika jumlah boks makanan kurang, maka panitia juga menyediakan makanan ringan untuk berbuka puasa. (hasyim)