24.2 C
New York
04/06/2020
Aktual

Menhan : Indonesia Tidak Membenci Komunisme Tetapi PKI

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa Indonesia tidak membenci komunisme. Sebab Indonesia sendiri masih menjalin hubungan dengan negara yang berhaluan pada komunisme.

“Saya bilang, kita tidak benci komunis. Kita tetap teman Tiongkok, Rusia dan Vietnam. Bukan komunis yang kita benci, tapi PKI,” ujar Ryamizard pada pertemuan antara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dengan pengurus Nahdlatul Ulama (NU), Senin (6/6).

Ryamizard menjelaskan dasar sikapnya tersebut bukan didasarkan atas penilaian suka atau tidak. Tapi karena PKI yang suka melakukan pemberontakan seperti di tahun 1948 dan 1965.

“Sekarang, ini saya rasa mengganggu. Jadi itu tidak boleh terulang kembali. Ini bukan masalah suka tidak tidak. Tapi karena mereka berontak,” ujar Ryamizard.

“Harusnya yang berontak yang minta maaf. Kok dia yang bunuh orang, kita yang minta maaf. Jadi kalau dia tidak berontak, tidak bunuh jenderal, tak akan ada nama Jl Ahmad Yani, Jl Suparman. Kalau saya sih yang masuk akal saja,” tambahnya.

Acara yang dilangsungkan di Aula Bhinneka Tunggal Ika di Kantor Kemenhan itu bertemakan ‘Silaturahmi Menhan Bersama Warga NU dalam Rangka Menyongsong 1 Abad NU’ juga mendengarkan pudato Ahmad Bagja sebagai wakil NU.

Bagja meminta Menhan menyampaikan pendapatnya tentang NU dan harapan kepada NU di masa depan. Ryamizard pun menyampaikan bahwa NU harus tetap mempertahankan karakter yang ada sebagaimana dulu dicitakan. (hasyim)

Related posts

Kepergok Curi Motor Babak Belur Dihajar Massa

Tety Polmasari

300 Pelajar Indonesia Bersiap Belajar ke Negeri van Oranje

Tety Polmasari

Menko PMK Jajaki Peluang Kerjasama Pendidikan dan Kesehatan dengan Belanda

Tety Polmasari

Leave a Comment