Dua Toko Gunakan Merk Aspal Digeledah

Selasa, 14 Jun 2016

JAKARTA (Pos Sore) - Dua toko penjual kepingan alat transmisi (Software), aksesories, COA atau stiker lisensi yang menggunakan merek Microsoft tanpa seijin pemegang merek alias aspal digeledah Unit III Subdit I Industri dan Perdagangan (Indag) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Dari dua toko di kawasan Jakarta Pusat itu, diamankan dua orang pemiliknya berinisial FY seorang perempuan pemilik toko M dan F, seorang lelaki pemilik toko V.

“Kita mendapatkan laporan dari pihak Microsoft pada (16/5/2016). Dari laporan itu kita langsung melakukan penggeledahan di dua toko itu. Ternyata benar kami menemukan beberapa barang bukti,” ujarnya.

Barang bukti di dua toko tersebut, kata Awi, ada 289 pcs cd software Microsoft Windows, 30 lembar Lisensi (COA), 1 lembar bon pembelian dari toko V milik F.

Selain itu, mereka juga menjual melalui online dengan situs www.kaskus.co.id dan pembayarannya dilakukan dengan cara via transfer. “Kemudian pelaku mengirim ke alamat pembeli melalui jasa pengiriman JNE,” tegasnya.

Harga keping CD Program Software Microsoft Windows asli yang dijual resmi oleh distributor Rp2.500.000,-per pcs. Sedangkan kedua pelaku menjual di tokonya dengan harga Rp500.000-750.000,- per pcs.

“Pelaku sudah satu tahun menjalankan bisnisnya dan meraup keuntungan 50 juta. Kalau microsoft sendiri mengalami ke rugian hingga Rp1 Miliar,” pungkasnya. Pelaku akan dikenakan pasal 94 UU RI No. 15 tahun 2001 tentang merek dengan ancaman hukuman penjara 1 tahun dengan denda 200 juta rupiah. (marolop)