Pagelaran International Dance Festival Meriahkan Perayaan 60 Tahun MDA

Jumat, 24 Jun 2016

IMG_3814

JAKARTA (Pos Sore) – Marlupi Dance Academy — sekolah balet tertua di Indonesia, merayakan ulang tahun yang ke-60. Perjalanan yang cukup panjang bagi sekolah yang didirikan oleh Marlupi Sijangga ini. Untuk merayakan keberhasilan melewati masa-masa sulit sekolah balet itu pun menggelar pertunjukan secara besar-besaran di dua kota: Surabaya dan Jakarta.

Di Jakarta, perayaan juga dimeriahkan oleh 2016 International Dance Festival dengan mengundang 5 negara yang berasal dari Amerika Serikat (Art Ballet of Theater, Florida), Polandia (Szkola Tanca I Balletu Fouette), Peru (ENSB), Meksiko (Academia De Danza), dan Jerman (Ballettschule Pirouette). Saling tukar kebudayaan para peserta festival pun terlihat jelas.

Pada malam perayaan hari jadi ke-60 Marlupi Dance Academy, Selasa (21/6), di Gedung Kesenian Jakarta, murid-murid MDA membawakan tarian balet karya para staff pengajar MDA. Perayaan itu juga bertujuan untuk pertukaran kebudayaan serta mengenalkan anak-anak lagu dan kebudayaan Indonesia.

Menurut Pimpinan Marlupi Dance Academy Fifi Sijangga, dengan menari, anak tumbuh menjadi pribadi yang dispilin. Termasuk tarian balet. Tarian ini dinilai bisa membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik. Mengenalkan tarian balet pada anak sejak usia 2,5 tahun bisa menjadikan anak disiplin.

“Karena, belajar tarian balet sangat dibutuhkan kedisiplinan dan kerja keras. Secara otomatis ini akan membentuk karakter anak menjadi pribadi yang baik. Ke mana pun dia pergi kelak akan selalu dibutuhkan,” tandasnya di sela 60th Anniversary of Marlupi Dance Academy in Celebration of Dance.

Fifi mengatakan tarian balet bisa dilakukan anak sejak usia balita hingga dewasa. Itu sebabnya, tarian bergengsi ini banyak peminatnya. Terbukti dari banyaknya jumlah murid Marlupi Dance Academy yang mencapai 3000-an siswa.

Sejak tahun 2006, MDA telah membuka kelas untuk anak-anak mulai usia 2.5 tahun hingga dewasa agar mampu bersaing dengan dunia balet internasional. MDA pun menggunakan sistem pengajaran balet klasik dari Royal Acedemy of Dance-London (RAD) dan sistem pengajaran senam dari International of Fitness Proffesionals, San Diego, California (IDEA).

Selain itu, para siswa MDA juga diikutkan dalam ujian balet di Singapura untuk memperoleh ijazah yang diakui oleh Royal Academy of Dance, London. MDA juga memberikan pengajaran tarian modern dan Jazz dengan mengacu kepada Imperial Society of Teachers of Dancing-London (ISTD).

Sekolah tari ternama di Indonesia itu terus berkomitmen meningkatkan kualitas para penari ballet muda. Caranya, dengan mengikutkan para pengajar dalam seminar dan trainning, serta mengikutkan para siswa dalam pertunjukkan. Para siswa juga mengikuti pembelajaran ballet di sekolah balet ternama di dunia. (tety)