Siloam Hospitals Berikan Layanan Patient Centric Initiatives, Pasien Serasa Berlebaran di Rumah

Jumat, 15 Jul 2016

JAKARTA (Pos Sore) – Pada momen Idul Fitri 1437 Hijriah lalu tak semua masyarakat muslim merayakan Hari Kemenangan di rumah bersama keluarga, atau juga mudik ke kampung halaman bersilaturahmi dengan sanak saudara. Jika yang lain berkumpul bersama kerabat dan sabahat, maka tidak demikian adanya mereka yang harus terbaring di rumah sakit.

Tidak sedikit pada 6 Juli 2016 ada masyarakat yang merayakan Lebaran di rumah sakit. Meski begitu, pasien tetap merasakan suasana lebaran dengan segala atribut Idul Fitri yang identik dengan ketupat. Itulah yang dilakukan rumah sakit Siloam Hospitals Group, agar pasien tidak merasakan kesedihan yang begitu mendalam karena tidak bisa memeriahkan hari nan fitri seperti yang lain.

Di tengah upaya proses perawatan tersebut, manajemen rumah sakit Siloam jauh-jauh hari telah menyiapkan konsep perawatan kesehatan emosional bagi setiap pasiennya. Selain menghias rumah sakit dengan berbagai ornament bernuansa religi, setiap unit Siloam juga menggelar kegiatan pembagian kurma bagi pasien rawat inap.

“Siloam sebagai pusat pelayanan kesehatan berusaha memberi kenyamanan bagi pasien yang merayakan Hari Kemenangan di rumah sakit. Siloam menyadari kebutuhan pasien yang dirawat, yaitu sesegera mungkin sembuh,” kata Direktur Network, Research, and Development Siloam Hospitals Group Kamaljeet Singh, di Jakarta, dalam siaran persnya, Jumat (15/7).

Dalam kesempatan itu, katanya, Tim Patient Centric Initiatives menyiapkan kotak berisi tiga kurma, yang kemudian dibagikan pada semua pasien, yang juga dibagikan pada H-1 Idul Fitri serentak di 22 unit Siloam.

“Selain membagi kurma, kami pun bersilahturahmi dengan pasien dan keluarga yang menunggu. Kami juga ikut berkumpul bersama pasien yang sedang menerima keluarga dan kerabat mereka pada waktu-waktu berkunjung untuk memeriahkan hari nan fitri ini,” tambahnya.

Dia menambahkan, selain melakukan serentak kegiatan group, tiap unit Siloam pun menjalankan sejumlah kegiatan Patient Centric Initiatives secara internal. Misalnya, Siloam Hospitals Balikpapan membagikan voucher medical check-up Ramadhan bagi 19 pasien yang masuk rawat inap pada tanggal 6-7 Juli.

“Tujuan dari kegiatan ini sendiri sebagai bentuk kepedulian manajemen terhadap pasien yang tidak bisa berlebaran di rumah bersama keluarga,” ujarnya.

Sehari sebelumnya atau H-1 Idul Fitri, Siloam Hospitals Surabaya membagikan kurma disertai sajadah bagi pasien-pasien rawat inap. Tim manajemen berkeliling kamar pasien, bersilaturahmi dengan pasien sambil membagikan bingkisan. Ungkapan kepedulian yang sederhana ini pun berlanjut hingga 7 Juli 2016, dan mendapat respon simpatik dari keluarga pasien.

Kepedulian juga ditunjukkan tim manajemen Siloam Hospitals Purwakarta, yang menggelar program siaga ambulans selama arus mudik hingga arus balik. Bekerjasama dengan PT Jasa Marga dan Dinas Kesehatan Purwakarta, tim menempatkan mobil ambulans di Rest Area 72 Tol Cipularang Jalur A (Jakarta – Bandung), dan dua unit lainnya disiagakan di Gerbang Tol Cikopo Kecamatan Bungursari.

Sementara Rumah Sakit Siloam Sriwijaya mengadakan buka puasa bersama anak didik lapas kelas II A di Kota Palembang, Sumatera Selatan. “Karena anak-anak didik di Lapas sering terlupakan keberadaannya oleh masyarakat padahal mereka juga merupakan anak-anak Bangsa Indonesia yang masih dalam usia produktif dan perlu bimbingan dari kita semua,” ujar Direktur Operasional RS Siloam Sriwijaya dr. Harijanto Solaeman, yang hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus untuk memberikan santunan mewakili Group.

Bagaimanapun, Siloam Hospitals Group akan terus menjalankan misinya, mengembangkan program Patient Centric Initiatives sebagai budaya pelayanan, yang bisa menciptakan pengalaman bagi pasien.

“Inisiatif ini sebenarnya sudah berjalan secara rutin sejak perayaan Idul Fitri setahun kemarin. Group mendistribusikan kurma bagi pasien rawat inap, dilanjutkan dengan pembagian jeruk Mandarin pada Tahun Baru Cina 2016, dan paket mewarnai untuk pasien di hari perayaan Paskah 2016,” ungkap Kamaljeet Singh. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015