Menko Puan: Film ’3 Srikandi’ Dapat Tingkatkan Nasionalisme Generasi Muda

Jumat, 12 Agu 2016

puan

JAKARTA (Pos Sore) – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani bersama ibunda tercinta, Megawati Soekarnoputri menonton film ’3 Srikandi’ bersama keluarga besar Kemenko PMK, di Theater XXI Plaza Senayan, Kamis (11/8) malam.

Film 3 Srikandi arahan Sutradara Iman Brotoseno itu bercerita tentang perjalanan tiga atlet perempuan dalam cabang panahan Indonesia — Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies (Chelsea Islan) dan Kusuma (Tara Basro), yang berhasil mendapatkan medali perak pada Olimpiade Seoul tahun 1988.

Meskipun hanya mendapatkan medali perak, 3 Srikandi itu tetap bangga telah mempersembahkan yang terbaik untuk negara tercintanya. Dan medali itu adalah medali pertama dalam keikutsertaan Indonesia pada Olimpiade saat itu. Ketiga atlet tersebut telah berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia di bidang olahraga

Usai menonton Puan beserta sang ibu mengaku sangat menikmati film tersebut dan tentunya ini bisa menjadi inspirasi generasi muda. Pelajarannya adalah untuk mencapai keberhasilan itu tidak mudah, butuh perjuangan, air mata, dan tangisan, tapi berujung kebahagiaan.

“Film ini sangat inspiratif dan luar biasa, karena menggambarkan perjuangan untuk meraih prestasi. Di sini digambarkan bahwa untuk meraih prestasi, kita harus kerja keras. Ini yang harus kita contoh dan teladani tentang arti penting sebuah kerja keras dan perjuangan,” kata Puan usai menonton bareng.

Menurutnya, film yang naskahnya ditulis oleh Swastika Nohara ini salah satu tontonan yang inspiratif dan banyak pembelajaran untuk semua masyarakat karena menggambarkan tentang kekompakan, patriotisme dan cinta tanah air.

Puan juga mengimbau kepada para pemuda-pemudi di Indonesia untuk selalu berjuang dan tidak pernah patah semangat untuk mencapai suatu keinginan. “Harus keras perjuangan, bahkan tangis air mata,” tegasnya.

Ia mengatakan, untuk mencapai keberhasilan memang bukanlah hal yang mudah. Namun dengan semangat yang keras dan ketekunan berusaha, pasti akan berhasil dan menuai kebanggan.

“Nantinya itu adalah kebahagiaan bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk keluarga, untuk Indonesia. Kehadiran film 3 Srikandi diharapkan dapat meningkatkan nasionalisme, terutama bagi generasi muda,” kata dia.

Film ini semakin menarik karena dibumbui kisah percintaan salah satu atlit panahan tersebut. Memang film drama ini meski 80% ceritanya berdasarkan kisah nyata, namun 20% kisah imajinatif agar alur cerita semakin menarik ditonton.

Turut hadir dalam kesempatan itu, produser 3 Srikandi, Raam Pinjabi, aktor Reza Rahadian yang memerankan sosok Donald Pandiangan yang sebagai Robin Hood Indonesia, Chelsea Islan, Mario Irwinsyah, dan Iman Brotoseno (sutradara). (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015