Pasar Indonesia Menjanjikan, TAITRA Gelar ‘Taiwan Excellence Gallery’

Sabtu, 3 Sep 2016

taiwan

JAKARTA (Pos Sore) – Biro Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Urusan Ekonomi Taiwan atau Bureau of Foreign Trade (BOFT) dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) kembali menggelar Taiwan Excellence Carnival 2016 pada 3-4 September 2016, di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Dalam kegiatan yang ketiga kalinya diadakan ini, sebanyak 55 merek berkualitas dari negara Macan Asia Timur itu dipamerkan yang dikemas dalam balutan ‘Taiwan Excellence Gallery’. Di sini dipamerkan lebih dari 80 produk inovasi mutahir di bidang teknologi informasi, olah raga, dan kesehatan yang telah mendapat pengakuan Taiwan Excellence.

Desain ‘Taiwan Excellence Gallery’ didominasi dengan hiasan bergambar kupu-kupu ini menunjukkan produk-produk yang dipamerkan tersebut sudah dikenal banyak negara.

“Melalui Taiwan Excellence Gallery, masyarakat dapat melihat lebih dekat produk-produk mutahir Taiwan yang telah mendapat pengakuan Tawian Excellence,” ujar Tony Lin, Direktur eksekutif Eksternal Trade Development Council Taiwan, di Jakarta, Sabtu (3/9).

Di sini, masyarakat tidak hanya sekedar melihat produk-produk dari Acer, Asus, PX, HTC, sepeda motor SYM, sepeda Merida, Strida and Tern, Kenda dan lain-lain. Pengunjung juga dapat menyaksikan demonstrasi produk inovatif sehingga ada edukasi yang didapat masyarakat terkait keunggulan produk yang dipamerkan.

“Taiwan Excellence Gallery menyuguhkan kemajuan industri Taiwan dan produk-produk pemenang penghargaan Taiwan Excellence yang telah terbukti unggul dari perspektif desain, inovasi, dan kualitas. Pengunjung dapat melihat lebih dekat inovasi-inovasi teknologi dan desain yang ditawarkan produk-produk kami,” tambah Danny Liao, Director Taiwan External Trade Developmen Council (TAITRA).

Danny Liao menambahkan, Taiwan Excellence Gallery ini representasi resmi Taiwan Excellence Pavilion di Taipe, yang dibangun pemerintah kota Taipe dengan struktur pavilion yang sepenuhnya berpanel kaca, dan bertempat di Taipe Fine Arts Museum. “The Pavilion ini menggambarkan keindahan serta inovasi teknologi Taiwan,” ujarnya.

Event ini sendiri mengangkat tema ‘Taiwan Excellence Carnival – Happy Run & Book Charity’. Tidak hanya untuk memperkenalkan produk-produk Taiwan, pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan amal yakni dengan menyumbangkan buku kepada panitia.

Dikatakan, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, pada 14-16 Oktober 2016 yang menjadi tur terakhir dari Taiwan Excellence 2016.

Pemerintahan Taiwan sendiri di bawah kendali Presiden Tsai Ing wen, ingin menjadikan Indonesia sebagai mitra dagang utama khususnya di kawasan Asia Tengggara. Ini dapat dilihat kinerja investasi dan perdagangan tiap tahun yang terus membaik.

Keinginan Taiwan menjadikan mitra dagang utama Indonesia sudah lama digagas oleh presiden negeri itu, karena Indonesia bukan hanya mempunyai jumlah penduduk yang besar. Tetapi juga situasi politik dan sosial cukup kondusif yang mendorong pertumbuhan ekonomi terus stabil.

Jumlah pekerja ahli atau teknisi Taiwan di Indonesia mencapai 10 ribu orang atau lebih dari 2000 keluarga. Dengan membaiknya hubungan dagang dan investasi kedua negara, diharapkan jumlah ekspor dan impor kedua negara akan terus naik.

Sementara itu, total perdagangan bilateral, Taiwan dengan Indonesia pada 2015 mencapai sekitar 9,008 miliar dolar AS atau turun dibanding periode sama pada tahun sebelumnya sebesar 11,221 miliar dolar AS, namun Indonesia masih tetap mengalami surplus dalam hubungan dagang itu

“Kami berharap kedua pemerintah saling menjaga dan meningkatkan hubungan dagang dan investasi secara baik, karena animo pengusaha Taiwan ingin menginvestasikan ke Indonesia saat ini cukup tinggi,” katanya. (tety)