KOWANI – Kemenkes Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Selasa, 4 Okt 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menunjukkan sebanyak 26,1% jumlah penduduk Indonesia kurang melakukan aktifitas fisik. Hasil Riskesda juga menyebutkan sebanyak 93.5% penduduk di atas usia 10 tahun kurang mengonsumsi buah dan sayur.

Perilaku hidup sehari-hari yang tidak sehat tersebut menjadi penyumbang terbesar penyakit tidak menular. Karenanya, Kongres Wanita Indonesia (Kowani) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Kowani menyerukan kepada kaum ibu dan keluarga Indonesia untuk menjalankan perilaku hidup sehat. Di antara perilaku hidup sehat adalah melakukan aktifitas fisik,” kata Ketua Umum Kowani DR. Dra. Giwo Rubianto Wiyogo, dalam diskusi Forum Informasi Wartawan bertema Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, di Jakarta, Selasa (4/10).

Dijelaskan, aktifitas fisik memiliki arti sebagai setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka dan meningkatkan pengeluargan tenaga atau energi. Lalu, apa saja dan di mana dapat melakukan aktifitas fisik?

“Kowani menyerukan aktifitas fisik dapat dilakukan di rumah, di tempat kerja, di sekolah, di perjalanan, di tempat umum, termasuk aktifitas fisik lain yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang sehari-hari,” tambahnya.

Giwo berharap, media massa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat melalui peberitaanya bahwa aktifitas fisik itu menyenangkan dan memiliki banyak manfaat. Di antaranya, dapat meningkatkan keseimbangan, mengoptimalkan tumbuh kembang, mengurangi kematian dini, serta meningkatkan kerja otot jantung dan paru.

Selain itu, aktifitas fisik juga bermanfaat dalam meningkatkan motabolisma tubuh, mengendalikan stress, mengurangi kecemasan dan depresi.

“Mereka yang sering melakukan aktifitas fisik, ototo, tulang, dan sendinya akan kuat dan fleksibel. Aktifitas fisik juga memberi manfaat dalam penurunan resiko tekanan darah tinggi,” tambahnya.

Karenanya, Kowani menghimbau kepada pimpinan organisasi masyarakat yang memiliki anggota tersebar di akar rumput untuk memolopori kegiatan fisik seperti Senam Kesehatan Jasmani yang dulu sempat tren. Diharapkan kegiatan senam tersebut dihidupkan kembali.

Menurutnya, pimpinan ormas perempuan diharapkan menjadi ujung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Keluarga Sehat. Kegiatan semacam senam, jalan santai, jalan cantik, lomba gerak jalan diharapkan dapat dimotori oleh ormas.

“Dalam kegiatan-kegiatan seremonial yang melibatkan banyak orang, Kowani berharap ormas menyisipkan dalam rangkatan kegiatannya denga melibatkan kegiatan fisik seperti senam bersama, yang juga melibatkan anak-anak dan remaja,” ujarnya. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015