4.5 C
New York
25/02/2021
Aktual Gaya Hidup

Peluang Bisnis di ‘SMESCO Rembug Kopi Nusantara’

img_20161013_102951

ANDA PENIKMAT KOPI? Atau bahkan pecinta kopi? Mungkin juga pengusaha kopi? Ini ada event menarik yang bisa didatangi sambil bisa mencicipi aneka racikan kopi aneka rasa dari berbagai daerah Indonesia: ‘SMESCO Rembug Kopi Nusantara’. Ini harus menjadi agenda yang wajib dikunjungi!

Event ini digagas Lisa Ayodhia, seorang pecinta kopi, yang juga pendiri Coffee Lovers Indonesia (CLI). Berlangsung pada 13-15 Oktober 2016 di gedung Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi UKM atau lebih dikenal dengan sebutan gedung Smesco UKM. Jadi masih ada 2 hari lagi untuk kumpul-kumpul bersama komunitas pencinta kopi Indonesia.

Menurut Lisa Ayodhia, kopi saat ini tengah populer di kalangan masyarakat. Jika ingin minum kopi, masyarakat semakin mudah membelinya. Kedai-kedai kopi kini kian banyak ditemui. Di warung-warung kopi hingga gerai toko di pusat perbelanjaan dan perkantoran. Minum kopi memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Terlebih Indonesia dalam lima besar produsen kopi di dunia.

Event yang dibuka Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga, ini bukan sekedar kumpul-kumpul para pecinta kopi. Di sini, kita bisa mengenal beragam kopi lokal Indonesia. Ada juga demo roasting kopi, cupping taste bersama 100 penikmat kopi, lomba roasting, brewing, demo dan workshop latte art dan lomba busana batik. Tak hanya, itu kegiatan ini juga akan menunjuk satu orang duta kopi Indonesia.

img_20161013_105424

“Diharapkan acara ini dapat memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia, sehingga pengusaha skala mikro, kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha bisnis kopi ini,” ujar Lisa Ayodhia.

Melalui even ini, pihaknya juga berharap, masyarakat tidak hanya mengetahui beragam jenis kopi, tetapi juga proses pembuatan kopi mulai dari hulu hingga ke hilir.

Direktur Utama LLP-KUKM Kemenkop UKM, Ahmad Zabadi, kegiatan ‘SMESCO Rembug Kopi Nusantara’ ini penting dalam rangka menumbuhkan potensi UKM di bidang kopi. Terlebih, Indonesia dengan 34 provinsi-nya memiliki ciri khas kopi masing-masing dan berada pada posisi ke-3 penghasil kopi dunia setelah Brasil dan Vietnam.

“Mulai dari Aceh hingga Papua, semua bagian dari budaya, kegiatan ini bisa meningkatkan awareness budaya,” kata Ahmad Zabadi.

img_20161013_105225

Karena itu, ia berharap UKM kopi dapat memanfaatkan acara ini untuk bisa mempromosikan produk-produk yang ada. Dikatakan Ahmad Zabadi, kegiatan tersebut bisa menjadi ajang tumbuh kembangnya UKM kopi.

Melalui acara itu mereka bisa saling bertukar pikiran mengenai akses pasar dan tempat promosi.
Ahmad Zabadi melanjutkan, LLP-KUKM senantiasa memberikan ruang gerak yang leluasa kepada para pelaku KUKM dengan potensi yang dimilikinya.

“Bagaimana mengekspresikan dan mempromosikan hasil kreativitasnya kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat semaki mengenal produk-produk dalam negeri yang berkualitas,” tutup Ahmad Zabadi. (tety)

img_20161013_105654

Related posts

PMDN Dan PMA Diajak Investasi SDM

Tety Polmasari

Kemenkop Gelar Expo Pembiayaan KUMKM 2014

Tety Polmasari

Pemakai Narkoba di Kampung Boncos, Disinyalir Terkena HIV

Tety Polmasari

Leave a Comment