30-31 Oktober 2016, Ditjen Pendis Gelar Festival dan Kompetisi Robotik

Minggu, 16 Okt 2016

JAKARTA (Pos Sore) – Dalam rangka mengembangkan potensi murid madrasah dalam menguasai ilmu pengetahuan-teknologi secara kreatif, inovatif dan mandiri maka Direktorat Pendidikan Madrasah, Ditjen Pendis akan melaksanakan Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah untuk kali keduanya pada 30-31 Oktober 2016, di Mall Of Indonesia Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Program unggulan Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 ini diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi,” kata Direktur Pendidikan Madrasah, Nur Kholis Setiawan.

Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah yang dilaksanakan secara ‘limited edition’ ini hanya membatasi total kepesertaan 135 orang dengan penentuan prioritas peserta berdasarkan pendaftar tercepat dengan mempertimbangkan kuota per daerah (provinsi).

“Ke seluruhan jenjang MI, MTs dan MA masing-masing 15 tim yaitu dengan 30 orang peserta dan pendamping 15 orang. Jadi setiap jenjang 45 orang peserta. Setiap 1 tim tersebut terdiri atas 2 orang peserta plus 1 guru pendamping,” terang Guru Besar UIN Sunan Kalijaga tersebut.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta diharuskan mendaftar secara online melalui website madrasah.kemenag.go.id paling lambat Senin, 24 Oktober 2016, pukul 23.59.

Peserta pun juga harus mengirim berkas persyaratan via email ke lombarobotmadrasah@gmail.com, berupa pasfoto 6 × 4 sebanyak 2 lembar, fotocopy raport yang telah dilegalisir dan surat rekomendasi/tugas dari instansi yang berwenang. Hard copy-nya pun harus diserahkan pada saat registasi pada 30 Oktober 2016.

Jenis kompetisi yang akan dipertandingkan pada tingkat MI yaitu Imagination Model Robot, untuk tingkat MTs yaitu Mobile Line Tracing Robot, dan tingkat MA mengenai Mobile Challenge Robot. Pada pelaksanaan kompetisi ini, peserta dapat menggunakan robot yang telah disiapkan oleh panitia dan/atau membawa peralatan robotik sendiri.

Bagi para juara dengan masing-masing tingkatan, panitia menyediakan hadiah berupa Tropi, Kit Robotika, Uang Pembinaan dan perjalanan ke Jerman (Juara I untuk MTs dan MA). Untuk hadiah uang pembinaan, Juara I meraih Rp7 juta, Juara II Rp5 juta, dan Juara III sebesar Rp3 juta. (sari)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015