Menag Jelaskan Pentingnya Agama dalam Kehidupan Bangsa

Senin, 17 Okt 2016

JAKARTA (Pos Sore) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima kunjungan ICMI dan tim dari Hartford Seminary. Dipimpin langsung ketua ICMI Prof Jimly Asshiddiqie, ikut dalam pertemuan ini Alwi Shihab, Andi Faisal Bakti, Yasril A Baharuddin (ICMI), serta Dr Feryal Salem, Dr Dean Ahlberg, Sennifer Ahlberg Dr Karen Bailerf, Heather Holda (Hartford Seminary).

Pertemuan ini mendiskusikan tentang pengalaman Indonesia dalam membina kerukunan umat beragama. Kepada mereka, Menag menyampaikan bahwa agama menempati posisi yang sangat penting dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk.

Menurutnya, agama tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. “Agama dapat menjaga keutuhan di tengah kemajemukan bangsa yang tidak sederhana,” ujarnya.

Dalam kaitan ini, menag mengaku Indonesia beruntung memiliki organisasi keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, serta organisasi keagamaan agama lainnya yang berfaham moderat.

“Inilah yang menyebabkan sejak ratusan tahun lalu, Indonesia, dengan nilai-nilai agama, bisa hidup di tengah keragaman, bisa menerima nilai demokrasi dan nilai universal lainnya,” katanya.

Selain itu, lanjut menag, Indonesia juga kaya akan kearifan lokal dengan pesan dan nilai yang dapat menyatukan keragaman. Menurutnya, para leluluhur mampu melihat nilai keragaman dan memahami bahwa perbedaan agama bukan pemisah, sehingga mereka mampu mempersatukan keragaman yang ada.

Dikutip dari lamannya, Hartford Seminary adalah lembaga pendidikan non-denominasi untuk studi agama dan teologi. Di sini, para sarjana saling belajar dalam lingkungan multi-iman. Hartford Seminary menawarkan program gelar dan sertifikat pascasarjana serta sertifikat kepemimpinan. Hartford Seminary juga memperkuat komunitas agama melalui program-program penelitian dan pendidikan.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi kiprah dan keberadaan Hartford Seminary yang terus mencoba mencari titik persamaan antar agama dalam menata kehidupan beragama yang lebih baik dan damai. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015