Amerika Latin Tertarik Skema Penjaminan dan Pembiayaan UMKM Indonesia

Minggu, 23 Okt 2016

img-20161022-wa0008

JAKARTA (Pos Sore) – Delegasi Indonesia yang diwakili Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo dan direksi Perum Jamkrindo, dipercaya menjadi narasumber dalam Forum Penjaminan dan Pembiayaan UMKM Amerika Latin ke 21 (XXI IBERO-AMERICANO FORUM OF GUARANTEE AND FINANCE TO SMEs), di Santiago Chile, 20-21 Oktober 2016.

“Forum penjaminan dan pembiayaan UMKM Amerika latin ingin mengetahui bagaimana Penjaminan kredit di indonesia dan bagaimana pembiayaan UMKM dilakukan di indonesia,” kata Braman Setyo, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/10).

Ia menjelaskan forum ini bertujuan berbagi pengalaman di antara berbagai negara peserta di 24 negara Amerika Latin, sekaligus mencari strategi dan mencari solusi akses pembiayaan dengan dukungan penjaminan.

Keikutsertaan Indonesia di forum se-Amerika Latin ini dalam kapasitasnya sebagai salah satu panelis.
“Tampaknyya mereka sangat tertarik dengan skema penjaminan dan pembiayaan di Indonesia khususnya bagi pelaku UKM.”

Karena itu, Indonesia diminta berbagi pengalaman bagaimana sistem penjaminan kredit di Indonesia dan implementasinya di lapangan.

Braman mengatakan , di forum itu ia memaparkan pengalaman pembiayaan dengan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah berjalan 9 tahun, dengan bunga kredit yg kecil 9% dan didukung sistim kredit berpenjaminan.

Selain berbagi pengalaman soal penjaminan dan pembiayaan, delegasi Indonesia juga memanfaatkan forum ini untuk menjalin kerjasama.

Kerjasama itu berupa penandatangan kesepakatan bersama antara Asosiasi perusahaan penjaminan indoneaia (ASIPPINDO) dengan asosiasi perusahaan penjaminan di Amerika Latin (ALIGA) dan Perum JAMKRINDO dgn FOGAPE CHILE. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015