15 C
New York
26/05/2020
Aktual

BKN: Kalteng, Maluku, Papua Barat, dan Sulteng Paling Kekurangan Guru

JAKARTA (Pos Sore) — Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan analisis perhitungan kuantitas guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tersebar di provinsi dari aspek rasio jumlah guru dan murid.

Itu dilakukan guna menyikapi sebaran guru yang dinilai masih belum proporsional antar satu daerah dengan daerah yang lain di Indonesia.

Begitu pula ketidakmerataan kebutuhan guru yang sempat menjadi bahan perhatian Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, pada 19 Januari lalu,

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan dalam siaran persnya Senin (30/11) mengemukakan, data BKN menunjukkan rasio guru dan murid tertinggi justru berada di Provinsi Kalimantan Tengah, Maluku, Papua, dan Sulawesi Tengah, dengan rasio 0,05.

“Daerah-daerah itu selalu dikeluhkan mengalami kekurangan guru,” katanya.

Ridwan menambahkan, sebaliknya rasio terendah dengan angka 0,02 berada di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Berdasarkan komposisi rasio guru-murid tersebut, justru beberapa daerah yang selama ini dianggap mengalami kekurangan guru berada pada kisaran 0,03 – 0,05.

“Hal ini berindikasi masih terjadinya ketimpangan perhitungan kebutuhan guru terhadap jumlah murid di daerah, yang berdampak dalih pengangkatan tenaga honorer tanpa perhitungan dan analisis yang memadai (Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja),” tutur Ridwan. (tety)

Related posts

ANRI Gelar Pameran Kearsipan Kerjasama Internasional

Tety Polmasari

Presiden Perintahkan Jaksa Agung Telusuri Keberadaan Hasil TPF Munir

Tety Polmasari

Kota Bandung Raih Best Effort Penghargaan Adipura 2014

Tety Polmasari

Leave a Comment