7 C
New York
05/12/2020
Aktual

Uni Eropa Kembali Buka Beasiswa SHARE Bagi 134 Mahasiswa Asean

JAKARTA (Pos Sore) — Uni Eropa dan ASEAN mengumumkan para penerima beasiswa ‘EU Support to Higher Education in the ASEAN Region’ (SHARE) gelombang kedua. Sebanyak 134 mahasiswa S1 dari 29 universitas di 8 negara anggota ASEAN mendapatkan beasiswa penuh untuk belajar selama satu semester di negara ASEAN.

Vongthep Arthakaivalvatee, Deputi Sekertaris Jenderal Komunitas Sosial-Budaya ASEAN, berpendapat masa depan Komunitas ASEAN adalah generasi muda yang akan menjadi pemimpin dan angkatan kerja di kawasan ini.

“ASEAN terus berusaha dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkembang, menambah pengetahuan, berjejaring, dan pada akhirnya, membuat mereka lebih menghargai kawasannya sendiri,” katanya dalam keterangan persnya, di Jakarta, Rabu (1/2).

Menurutnya, skema beasiswa SHARE sangat tepat dalam membantu mereka untuk mencapai semua itu. Mobilitas mahasiswa di ASEAN, menjadi fondasi dalam membantu mahasiswa untuk memperkuat identitas ASEAN dan menghargai komunitasnya sendiri.

Terinspirasi dari Bologna Process dan Beasiswa Erasmus di Eropa, SHARE menginisiasi skema beasiswa untuk mendukung mahasiswa dan para calon pemimpin masa depan di ASEAN. Melalui ASEAN, tersedia 500 beasiswa dalam 4 gelombang. Sebanyak 400 di antaranya dialokasikan untuk mobilitas intra-ASEAN, dan 100 mahasiswa ASEAN untuk belajar di Eropa.

Selain mendukung mobilitas, beasiswa ini juga dirancang untuk menguji sistem transfer kredit ASEAN (ACTS) dan sistem transfer kredit ASEAN-Eropa (AECTS). Ini berarti kredit studi yang diperoleh di universitas lain di luar negeri, bisa dikreditkan di universitas mereka sendiri.

“Selama 30 tahun terakhir di Eropa, sebanyak 3 juta mahasiswa telah menerima beasiswa Erasmus untuk belajar di negara-negara Uni Eropa. Program Erasmus telah memberikan kontribusi yang besar dalam harmonisasi perguruan tinggi di Eropa,” tambah Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, Fransisco Fontan

Program beasiswa ini diluncurkan secara resmi pada Mei 2015. Sebanyak 16 mahasiswa dari 8 negara ASEAN mempelopori beasiswa SHARE pada 2016.

SHARE adalah program bantuan dari Uni Eropa senilai 10 juta Euro. Tujuan utamanya untuk memperkuat kerjasama regional antar institusi perguruan tinggi dan mahasiswa di ASEAN.

Selain itu, meningkatkan internasionalisasi, dayasaing dan kualitas, juga berkontribusi membangun komunitas ASEAN.

Mengikuti kesuksesan dari gelombang pertama ini, SHARE membuka pendaftaran kedua dan menerima lebih dari 300 aplikasi dari mahasiswa di ASEAN. Sebanyak 50% dari aplikasi yang diterima berasal dari negara-negara CLMV (Kamboja, Laos, Myanmar dan Viet Nam), dengan mayoritas pendaftar adalah perempuan.

Setelah gelombang pertama dan kedua, SHARE akan membuka pendaftaran untuk dua (2) gelombang lagi di 2017 dan 2018. (tety)

Related posts

Kakek Tewas Mengenaskan Terlindas KA

Tety Polmasari

About what Situations Would a Everyday living Settlement Start working as a Valuable Substitute for Consider?

Tety Polmasari

Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik Sampai 50%

Tety Polmasari

Leave a Comment