Kemenkop akan Beri Penghargaan Koperasi Berprestasi

Minggu, 5 Feb 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Koperasi dan UKM akan memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi di Indonesia menjelang peringatan Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli 2017.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, di Jakarta, Minggu, mengatakan pihaknya akan menjaring dan melakukan penilaian terhadap koperasi-koperasi berprestasi di Indonesia.

“Ini kami lakukan sebagai salah satu apresiasi dan penghargaan atas kinerja koperasi dalam periode tertentu,” kata Meliadi.

Karena itu, tahun ini menjelang pelaksanaan Hari Koperasi Nasional yang ke-70 kegiatan penilaian koperasi dan koperasi award akan kembali dilakukan.

“Tahun ini kami akan menjaring 50 koperasi berprestasi dari seluruh Indonesia,” kata Meliadi. Kegiatan serupa kata dia, telah dilakukan secara rutin dari tahun ke tahun.

Ia menambahkan, tahun ini penjaringan koperasi terbaik akan dilakukan dengan standar kriteria dan penilaian yang meliputi aspek organisasi, ketatalaksanaan, produktivitas, manfaat, dan dampak keberadaan koperasi di suatu wilayah.

“Sedangkan untuk penganugerahan Koperasi Award akan dipilih 10 koperasi dari 50 koperasi berprestasi yang telah diverifikasi,” kata Meliadi.

Ia mengatakan, dari tahun ke tahun kualitas koperasi di Indonesia terasakan semakin meningkat dari sisi dampak positif yang diberikan kepada masyarakat di sekitarnya terutama yang menjadi anggota koperasi. (tety)