Persiapan Asian Games 2018 Sesuai Target yang Direncanakan

Senin, 20 Feb 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Pelaksanaan Asian Games 2018 sudah di depan mata. Penyelenggaraan ajang olahraga tingkat Asia ini tinggal 17 bulan lagi. Karenanya, diperlukan berbagai persiapan agar pelaksanaan kompetisi olahraga ini mencapai sukses persiapan, juga sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

“Secara umum persiapan pembangunan infrastruktur yang meliputi Wisma Atlet dan Venues pertandingan telah sesuai dengan target yang direncanakan,” kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, usai Rakor Tingkat Menteri terkait Progress Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Kemenko PMK, Jakarta, Senin (20/2).

Rakor yang bertujuan untuk memantau perkembangan persiapan Asian Games 2018 ini rencananya akan digelar setiap bulan. Dengan begitu, diharapkan koordinasi yang lebih efektif dalam mengambil kebijakan dan upaya untuk mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games 2018 akan optimal.

Rapat koordinasi kali ini lebih difokuskan pada laporan perkembangan dan berbagai langkah yang perlu ditindaklanjuti secara efektif terhadap tiga persiapan utama di antaranya perkembangan pembangunan infrastruktur yang menjadi tanggungjawab Kementerian PUPERA, Pemprov DKI Jakarta serta Pemprov Sumatera Selatan.

Sementara itu, perkembangan penyiapan atlet menjadi domain Kementerian Pemuda dan Olahraga serta dan Satlak Prima. Sedangkan perkembangan penanganan penyelenggaraan menjadi tugas Komite Olahraga Indonesia (KOI).

“Untuk persiapan atlet juga telah berada pada tahapan pembangunan kapasitas atlet yang akan diuji melalui berbagai even kejuaraan,” tambahnya.

Sedangkan persiapan penyelenggaraan, KOI telah berada pada tahap pembangunan penyelenggaraan yang terkait mulai dari pengorganisasian penyelenggaraan seremoni pembukaan dan penutupan, pengorganisasian penyelenggaraan pertandingan serta penanganan kontingen.

Asian Games 2018 diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Provinsi DKI Jakarta dan Sumatera Selatan. Namun, sebelum gelar pesta olahraga se-Asia itu dimulai, dijadwalkan akan digelar test event pada Oktober-November 2017 dengan melibatkan 10-15 negara peserta dan mempertandingkan 10 cabang olahraga. Dengan test event, akan dapat diketahui sejauhmana kesiapan baik dari segi infrastruktur maupun atlet

Rakor kali ini dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman, Wakil Ketua KOI Mudai Madang, dan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. (tety)