22.9 C
New York
29/05/2020
Aktual

Presiden Minta Tenaga Kesehatan Aktif Datangi Masyarakat

JAKARTA (Pos Sore) — Presiden Joko Widodo minta Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) harus diarahkan kepada pencegahan secara dini warga dari segala penyakit. Untuk itu, tenaga kesehatan harus aktif mendatangi masyarakat.

Jokowi menandaskan, tenaga kesehatan harus membuat masyarakat tidak sakit, dan masyarakat selalu sehat. Yang benar itu. Dengan begitu, Puskesmas sepi, rumah sakit juga sepi.

“Jangan dibalik-balik. Buat masyarakat sehat, agar rumah sakit itu sepi, agar Puskesmas itu sepi,” kata Presiden saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional Tahun 2017, peluncuran Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS), serta Pembangunan 124 Puskesmas Perbatasan, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (28/2).

Presiden Jokowi lantas menjelaskan alasan dirinya berkeliling ke daerah memberikan makanan tambahan untuk anak-anak, ibu hamil, dan balita. Menurut Presiden, dirinya hanya ingin memberikan pesan bahwa yang namanya gizi itu diperlukan sejak dalam kandungan.

“Saya selalu sampaikan. Ini investasi jangka panjang. Jangan dilihat sekarang,” kata Presiden seraya menambahkan, edukasi gizi terus dilakukannya agar masyarakat mengerti, jangan sampai ada uang, dipakai untuk beli rokok dan tidak dipakai untuk menambah gizi anaknya.

Presiden Jokowi meminta, agar tenaga kesehatan harus aktif mendatangi masyarakat. Bukan menunggu di Puskesmas, menunggu orang sakit. “Datangi mereka. Gencarkan, beritahukan mana yang benar, mana yang salah, mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan, sehingga pendekatan kepada keluarga ini sangat diperlukan,” ujarnya.

Kalau itu dilakukan, Presiden Jokowi meyakini, tidak akan ada lagi gizi buruk, tidak ada lagi Demam Berdarah, tidak ada lagi TBC, tidak ada lagi penyakit-penyakit.

Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2017 yang bertemakan ‘Sinergi Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Pendekatan Keluarga untuk mewujudkan Indonesia Sehat’ itu diikuti oleh 1.787 peserta dari berbagai lintas sektor dari pusat dan daerah. (tyas)

Related posts

60 Mortir Aktif Diamankan Dari Lapak

Tety Polmasari

Agun: Fitnah dan Berita Bohong Mulai Serang Paslon Pilpres 2019

Tety Polmasari

HRS Ingatkan, Jangan Ada Yang Gembosi Reuni 212

Ramli Amin

Leave a Comment