Ivan Gunawan Rancang Busana ‘Dewi Timur’ dalam Pameran Taiwan Excellence

Jumat, 3 Mar 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Perancang busana Ivan Gunawan menampilkan baju batik rancangannya yang mengombinasikan logo Taiwan Excellence dengan totem tradisional. Motif batik ini menjadi simbol kedekatan kerjasama antara Indonesia dan Taiwan.

Pria yang akrab disapa Igun itu berkolaborasi dengan Taiwan dalam pameran Taiwan Excellence di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (3/3). Desainer ternama itu memadukan identitas kebudayaan dua negara dalam karya yang dinamakannya East Goddess atau Dewi Timur.

Desain busana yang digarap Igun selama tiga bulan ini muncul karena pihak Taiwan menginginkan masyarakat Indonesia mengenal budaya mereka melalui kemasan lokal.

“Mereka ingin corak budaya busana mereka ditampilkan dalam bentuk batik, karena mereka ternyata suka dengan batik yang merupakan budaya Indonesa,” jelas Igun, usai peragaan busana desainnya di sela pameran ‘Taiwan Excellence’.

Motif batik yang bernuansa budaya Tionghoa dalam corak batik sang ‘Dewi Timur’ begitu menawan dilihat. Taiwan sendiri negara dengan kebudayaan China, sama halnya dengan Tiongkok atau China daratan.

Salah satu motif itu adalah motif ‘Megamendung’. Motif bercorak awan ini melambangkan hubungan kerjasama Indonesia dengan Taiwan.

2017-03-03_23-06-42

“Saya mengibaratkan hubungan kita dengan Taiwan itu seperti kita melihat awan, tidak ada batasnya. Jadi hubungan Indonesia-Taiwan itu tidak terbatas,” tuturnya.

Motif lainnya adalah motif peranakan. Corak dari motif ini adalah akar-akaran, yang memiliki arti mencintai bumi dan sesama.

Pria bertubuh tinggi besar ini berupaya menjadikan East Goddess ini sebagai batik modern yang bisa diterima dunia internasional. Salah satu caranya dengan memberi motif abstrak dan salur pada bagian rendanya. “Saya sengaja tidak beri motif bunga pada lace agar tidak membosankan,” ujarnya.

Rancangan busana pada koleksi East Goddess juga sengaja dibuat agak ringan. Dress dalam karya terbarunya ini hanya berupa selembar kain yang dilapisi kain tertentu.

Ivan juga menambahkan kristal agar ada gemerincingnya ketika dipakai, tapi tetap tidak berat. Busananya kali ini terdiri dari beberapa bahan seperti sutera dan organdi.

Dalam peragaan busananya ini, artis dan presenter Yuanita Christiani ikut tampil memeragakan karya Igun. Yuanita memang didaulat menjadi brand ambasador Taiwan Excellence dan dipilih Ivan sebagai Duta East Golden karyanya.

“Yuanita itu punya jiwa traveller, dan sering berkunjung ke Taiwan. Jadi menurut saya ia pantas menjadi duta East Goddess,” kata Igun.

Yuanita pun mengaku bangga dipilih Igun sebagai duta karya terbarunya. Ia mengaku memang pengagum karya Igun sejak lama. “Bangga dong dipilih sebagai duta dari desainer yang saya kagumi,” ujar perempuan berwajah oriental itu. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015