Sukseskan AG 2018, Pemerintah akan Kerjasama dengan Swasta

Rabu, 8 Mar 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Sebagai kelanjutan dari laporan terkini perkembangan persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, kembali menyambangi kantor Wakil Presiden, Jakarta.

Kepada wartawan yang menemuinya usai pertemuan, Menko PMK mengungkapkan pada intinya penyelenggaraan Asian Games 2018 adalah sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses pembangunan infrastrukturnya.

“Karena Asian Games 2018 adalah national interest yang membutuhkan komitmen kerja bersama secara gotong royong semua pihak untuk mewujudkannya agar pelaksanaannya nanti berjalan sesuai harapan kita juga. Setelah 55 tahun, Indonesia akhirnya mendapatkan kesempatan besar kembali untuk menyelenggarakan Asian Games,” papar Menko PMK, Rabu (8/3).

Segala perkembangan persiapan pelaksanaan Asian Games 2018, tambah Menko PMK, akan terus dilaporkan kepada Wapres setiap bulan dan jika ditemukan kendala, tentu akan segera dicarikan solusinya.

“Mulai bulan depan juga kami akan mulai sosialisasi yang lebih besar lagi agar Asian Games makin terdengar ganungnya. Maka, kami minta keterlibatan media massa untuk membantu menyosialisasikan karena masih belum banyak masyarakat kita yang tahu event besar ini.”

Menjawab pertanyaan tentang keterlibatan pihak swasta dalam penyelenggaraan Asian GAmes 2018, Menko PMK, mengaku memang akan segera menjalin kerjasama dengan pihak swasta. Namun, masih akan dilihat dulu siapa, apa, dan bagaimana bentuk keterlibatan swasta itu.

“Kami akan peta-kan dulu sesuai kebutuhan, agar tidak terjadi ‘lebih besar pasak daripada tiang.’ Kita juga ingin banyak pihak yang terlibat agar peristiwa Asian Games jadi momen bersejarah untuk kita bersama. Tapi kita juga harus hati-hati. Ada kerjasama tetapi juga harus tetap menjaga akuntabilitas pemerintah,” tambah Menko PMK lagi. (*/tety)