Menko PMK Dampingi Wapres Tinjau Kesiapan Venue Asian Games di Jakarta

Minggu, 26 Mar 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meninjau langsung progress pembangunan sejumlah venue Asian Games yang berada di Jakarta, Minggu (26/3).

Venue yang pertama ditinjau adalah stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Stadion GBK rencananya digunakan sebagai tempat pembukaan dan penutupan Asian Games dan tempat diselenggarakannya beberapa pertandingan. Hingga saat ini progres yg dicapai dalam pengerjaan renovasi GBK sekitar 33,7 persen dari target sekitar 32,7 persen.

Selanjutnya Wapres dan rombongan bergerak meninjau venue aquatik dan Istora Senayan. Pada venue aquatic, progress renovasi mencapai 36.3 persen sedangkan venue istora GBK progress renovasi mencapai angka 48,4 persen. Semua venue itu ditargetkan selesai pada oktober 2017 medatang.

Setelah dari komplek GBK, rombongan bergerak menuju Jakarta International Velodrome (JIV). Arena JIV nantinya akan dipergunakan untuk pertandingan sepeda dengan panjang trek 250 M (standar olimpiade) 100 M trek untuk pemanasan.

Kapasitias penonton nantinya akan mencapai 3.000 orang dengan komposisi tribun biasa, VIP, dan VVIP. Adapun progress pembangunannya saat ini mencapai 23,29 persen.

Wapres juga mengecek kesiapan arena pacuan kuda di Pulo Mas. Untuk arena pacuan kuda, progres pembangunan telah mencapai 21,334%. Selesai di Velodrome dan arena pacuan kuda, Wapres langsung meninjau Wisma atlet Kemayoran.

Rata-rata progress pembangunan wisma atlet telah mencapai kisaran 60-70 persen dari rencana dan dapat dipastikan pada Oktober 2017 pembangunan telah rampung 100 persen.

“Progres pembangunan wisma atlet untuk Asia Games tahun 2018 saya rasa lebih bagus daripada Olimpic Village Rio pada tahun 2016 lalu,” terang Wapres saat memberikan keterangan pers setelah meninjau wisma atlet Kemayoran.

Bahkan, lanjut Wapres, Wisma Atlet Kemayoran juga telah memenuhi syarat kualitas, dan syarat waktu, sehingga pada saatnya nanti sudah bisa digunakan oleh para atlet yang mengikuti perhelatan olahraga Asian Games 2018.

“Akhir tahun ini sudah bisa selesai seluruhnya. Sebelum itu, akan diuji huni lebih dahulu. Sekitar Oktober 2017,” tambah Wapres. (*/tety/tyas)