4.7 C
New York
01/11/2020
Aktual

Al-Khaththath Dicokok Polisi, Fadli Marah, Novanto Beri Apresiasi

JAKARTA (Pos Sore) — Sekjen Forum Umat Islam (FUI) yang juga sebagai penggagas aksi damai 313, Muhammad Al-Khaththath ditangkap polisi pada Kamis 30 Maret 2017 malam.beberapa jam menjelang Aksi 313 digelar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan penangkapan Al-Khaththath tidak terkait aksi damai 313. Itu murni karena yang bersangkutan diduga melakukan pemufakatan makar.

polisi

Argo menambahkan, permufakatan makar itu dilakukan yang bersangkutan sebelum ada kegiatan aksi damai 313. Oleh akrena itu Argo meminta publik untuk bersabar menunggu pengembangan kasus ini oleh penyidik.

“Artinya itu kegiatan itu sebelum kegiatan ini dilakukan. (Perkembangannya) kita masih menunggu dari penyidik,” pungkasnya.

Menanggapi penangkapan itu Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengecam keras seraya mengatakan penangkapan Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath, beserta beberapa orang aktivis pergerakan lainnya, jelang Aksi Bela Islam 313 di depan Istana Negara sarat dengan keoentingan politik.

fadli

“aya mendengar sayup-sayup dan sungguh mengherankan kalau ada penangkapan-penangkapan seperti sebelum Aksi 212. Kalau itu terjadi, saya kira ini bagian dari pemberangusan demokrasi,” kata Fadli di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (31/3/2017).

Ia menerangkan, beberapa waktu lalu jelang Aksi Bela Islam 212, aktivis senior Sri Bintang Pamungkas juga dicokok polisi tanpa alasan dan bukti yang tidak jelas. Karenanya, hal serupa tidak boleh terjadi lagi.

“Dulu dugaan makar juga enggak jelas. Bahkan Sri Bintang Pamungkas ditahan lebih empat bulan, tanpa ada kejelasan statusnya. Saya kira itu enggak boleh lagi terjadi,” pungkas dia.

Al-Khaththath dikabarkan ditangkap polisi atas dugaan pemufakatan makar. Selain Al-Khaththath, ada 4 orang lainnya yang ikut dicokok, yakni Zainudin Arsyad, Irwansayah dan Dikho Nugraha. Sementara itu, satu nama lainnya masih belum diketahui

Mereka diduga terlibat dalam pemufakatan makar dengan cara menggerakkan ribuan massa aksi Bela Islam 313 di luar kesepakatan awal atau surat pemberitahuan. Penangkapan dilakukan pada Kamis Malam 30 Maret 2017 dan hingga kini masih diperiksa di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Lain Fadli lain juga Ketuanya, Setya Novanto. Ketua DPR ini meminta semua pihak untuk mempercayakan kepada Polri terkait penanganan hukum atas penangkapan Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khatthath.

nonanto

Menurut Novanto, menyampaikan aspirasi di muka umum sudah diatur dalam undang-undang. Hanya saja, dalam aksi tersebut perlu dijaga ideologi Pancasil,a sehingga tidak merusak kebhinekaan Indonesia.

Setya Novanto mengapresiasi pihak berwajib yang sudah mengawal aksi ini dengan baik.

“Saya juga berterimakasih kepada pemerintah dalam hal ini TNI dan Polri yang telah bekerja keras,” ujarnya. (hasyim)

Related posts

Legislator PKS Minta Dana Talangan Untuk Pembangunan Tol dan Sirkuit Dialihkan Buat Bantu UMKM

Akhir Tanjung

Gandeng 23 Ahli Hukum Lingkungan, KemenLHK Siapkan Materi Banding

Tety Polmasari

Nuklir Aman Digunakan di Bidang lndustri, Lingkungan dan Kesehatan

Tety Polmasari

Leave a Comment