Anis – Sandi Menang Karena Faktor Ini

Rabu, 19 Apr 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Direktur Lembaga Survei Indomatrik, Husin Yazid, menyebutkan ada tiga faktor yang membuat kemenangan kubu Anies Baswedan-Sandiaga Uno di semua hasil quick count (hitung cepat) lembaga survei pada putaran dua Pilkada DKI Jakarta.

“Pertama, suara yang dulunya ke pasangan Agus Yudhoyono-Slyviana Murni sekitar 17 persen itu, 13 persennya ke pasangan Anies-Sandi, terus yang dulunya ‘golput’ pindah ke Anies dan Sandi,” kata saat konferensi pers di Bangi Kopitiam, Jakarta, Rabu (19/4).

Faktor dua, Anies-Sandi diuntungkan dengan gerakan antipati dari masyarakat yang mengecam gerakan bagi-bagi bahan pokok (sembako) pada minggu tenang.

“Pada saat minggu tenang, tim dari Ahok-Djarot kan sempat bagi-bagi sembako. Benar-benar tenang mereka melancarkan money politic, masyarakat ini jadi antipati dengan Ahok-Djarot. Aparat juga mengetahui hal ini tapi seakan-akan melakukan pembiaran,” jelasnya.

Terakhir, terkait sikap Anies yang berwibawa, tenang dan sopan. Faktor ketiga ini membuat pasangan yang diusung Partai Gerindra dan PKS ini meraup banyak suara di putaran yang pertama.

“Faktor-faktor inilah yang membuat suara Anies dan Sandi terdongkrak berdasarkan quick count hari ini,” ujar Husin. (*/tety)