Kepala BMKG Terpilih sebagai Ketua ICG/IOTWMS Periode 2017-2019

Sabtu, 22 Apr 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Inter-governmental Group for Indian Ocean Tsunami Warning and Mitigation System di bawah koordinasi IOC UNESCO untuk periode 2017-2019.

Sementara itu, Wakil Ketua terpilih Dr. Juma Said Maskari dari Oman dan Prof. Sam Hettiarachi dari Sri Langka.

Pemilihan dan penetapan itu dilakukan di sela pertemuan Inter-governmental Oceanographic Commission/Indian Ocean Tsunami Warning and Mitigation System (ICG/IOTWMS) yang ke XI, di Kuala Lumpur, Malaysia, 18-20 April 2017.

Terpilihnya Dr. Andi Eka Sakya sebagai Chair of ICG/IOTWMS, mendapatkan dukungan dari semua anggota termasuk yang berhalangan hadir pada pertemuan tersebut.

Berita baik ini salah satu bentuk konstribusi dan peran aktif Indonesia, khususnya BMKG, dalam menjalin kerjasama regional dibidang Peringatan dan Mitigasi Tsunami di wilayah Samudera Hindia.

Diharapkan, pada masa kepemimpinan Dr. Andi Eka Sakya, peranan ICG/IOTWMS khususnya dalam membangun kapasitas negara-negara anggota di kawasan Samudera Hindia, terutama dalam memberikan layanan informasi tsunami pada masyarakat, dapat lebih ditingkatkan.

Selain itu, salah satu action item yang harus dilakukan ditujukan pada sasaran terbangunnya Indonesia menjadi salah satu Tsunami Ready Nation.

Pertemuan ICG/IOTWMS yang diadakan setiap 2 tahun sekali, itu dilaksanakan dalam rangka melaporkan kemajuan pembangunan sistim peringatan dan mitigasi di masing-masing negara anggota.

Dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai tantangan yang dihadapi di kawasan Samudera Hindia, khususnya dalam mempertahankan sustainability sistem peringatan dan mitigasi tsunami serta perlunya penguatan downstream terutama dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat, serta peningkatan keterjangkauan informasi kepada masyarakat. (*/tety)