Presiden: Perbedaan Tidak Harus Diseragamkan dan Dilenyapkan

Sabtu, 22 Apr 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Presiden Jokowi mengemukakan, membawa kembali kesadaran baru tentang makna menjaga keharmonisan serta persaudaraan sejati sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai bangsa majemuk dengan 714 suku, bahkan data BPS menyebutkan sekitar 1.340 suku, beragam ras, beraneka ragam bahasa daerah, berbeda-beda agama, latar belakang suku, budaya, menurut Presiden, bukanlah penghalang bagi kita untuk bersatu dan bukan pula penghalang untuk hidup dalam keharmonisan.

“Sekali lagi, bukan penghalang hidup dalam keharmonisan, kehidupan sehari-hari yang saling menghormati, membantu, dan membangun solidaritas sosial yang kokoh,” tegas Presiden Jokowi pada acara Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939, di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Sabtu (22/4).

Semua perbedaan itu, tegas Presiden, tidak harus diseragamkan, tidak juga harus ditiadakan, dan bahkan dilenyapkan. Justru harus diikat oleh tali-tali persaudaraan, kebersamaan, dan persatuan di negara kita Indonesia.

Dalam mengelola keragaman dan kemajemukan, lanjut Presiden, kita bersyukur memiliki Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Pancasila sebagai dasar negara​, falsafah hidup bangsa, dan pemersatu kita semuanya. Bhineka Tunggal Ika menjadi pilar kebangsaan yang kokoh untuk menjaga dan merawat Indonesia yang majemuk ini.

“Pilar kebangsaan untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu, Indonesia yang harmonis, dan Indonesia yang damai,” tegas Presiden.

Karena itu, Presiden meyakini dengan berpegang pada Pancasila, dan menjunjung semangat Bhineka Tunggal Ika kita akan tetap bersatu.

Peringatan Hari Raya Nyepi ini mengambil tema ‘Jadikan Catur Brata Penyepian Memperkuat Toleransi Kebhinekaan Berbangsa dan Bernegara Demi Keutuhan NKRI’ diikuti masyarakat, Korpri, TNI, serta Polri. (tyas)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015