Sinergi Layanan Kesehatan, Mabes Polri dan Siloam Hospitals Group Jalin Kerjasama

Kamis, 18 Mei 2017

IMG_20170518_211508

JAKARTA (Pos Sore) – Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri) melalui Pusat Kedokteran Kesehatan (Pusdokkes) Polri secara resmi mengadakan kerjasama sinergi layanan kesehatan bersama Siloam Hospitals Group sebagai salah satu rumah sakit swasta terlengkap di Indonesia.

Sinergi kerjasama layanan kesehatan secara resmi dilaksanakan pada Rabu (17/5) di Jakarta melalui penandatanganan MoU kedua belah pihak. Penandatangan dilakukan Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan Polri, Brigadir Jenderal Polisi dr. Arthur Tampi dan dr. Anang Prayudi selaku Direktur Siloam Hospitals Group.

Kapusdokkes Polri, Brigjen Polisi dr. Arthur Tampi mengatakan, sinergi layanan kesehatan bersama Siloam Hospitals Group perlu dilakukan karena berdasarkan pengalaman, fasilitas dan kinerja Siloam sebagai pihak rumah sakit swasta yang memiliki fasilitas lengkap. Selain itu, memiliki 26 Rumah Sakit Umum dan fasilitas khusus di beberapa kota besar dan di sejumlah Propinsi.

Menurutnya, Siloam adalah mitra terbaik bagi Polri guna ikut mendukung layanan kesehatan dan sebagai wadah berbagi informasi baik secara teknis dalam lingkup ilmu kesehatan.

Polri sendiri memiliki 450.000 anggota beserta keluarga besarnya yang tersebar di penjuru Indonesia. Namun, Polri hanya memiliki 46 rumah sakit yang dominan bertipe C atau tipe D.

“Karena itu, dengan adanya sinergi ini, diharapkan layanan kesehatan yang sifatnya khusus segera ditangani dapat kita selesaikan bersama pihak Siloam,” ungkap Arthur Tampi.

Perwira Tinggi Bintang Satu ini kembali memberi contoh akan layanan sifat khusus yang harus segera ditangani adalah terkait rujukan pengobatan dan penanganan secara spesifik.

Dengan sinergi ini, katanya, pemberian rujukan pelayanan kesehatan bagi anggota Polri di daerah dapat segera diatasi bersama Siloam. Karena Rumah Sakit Bhayangkara Polri di daerah umumnya bertipe C dan D. Sedangkan di daerah, rumah sakit Siloam umumnya telah bertipe C dan B.

Selain itu, dengan sinergi ini semakin memudahkan kedua belah pihak bertukar informasi layanan kesehatan. Misalnya dalam ilmu forensik pun dalam ilmu bedah yang bisa saling melengkapi.

Kerjasama dan sinergi layanan kesehatan disambut baik pihak Siloam. Dr. Anang Prayudi selaku Direktur Siloam Hospitals Group mengaku sangat senang dan bangga dengan adanya kerjasama tersebut.

Menurut Anang, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan 46 rumah sakit polri yang tersebar di sejumlah daerah guna mendukung kerjasama yang telah disepakati kedua belah pihak.

“Saya mewakili manajemen Siloam Hospitals Group menyatakan bangga dan senang diberi kepercayaan oleh Polri untuk melakukan kerjasama layanan kesehatan,” ujarnya.

Setelah ini, kata dia, pihaknya segera melakukan koordinasi antara 26 rumah sakit Siloam bersama 46 rumah sakit polri. Secara umum saat ini kedua pihak akan memetakan berbagai hal yang perlu dilakukan kerjasama dalam layanan fasilitas serta berbagi ilmu untuk kepentingan bersama.

Anang mencontohkan akan berbagi ilmu layanan kesehatan yang salah satunya telah dikuasai Siloam, melalui layanan emergency atau manajemen keperawatan.
Selain berbagai fasilitas, kami pun memiliki manajemen penanganan emergency pun terkait manajemen keperawatan.

“Hal tersebut dapat dipadukan dengan salah satunya, yaitu ilmu ilmu forensik yang sangat dikuasai pihak Polri. Tentu sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak dan secara umum penanganan layanan kesehatan bagi masyarakat dan keluarga polri khususnya semakin dapat ditingkatkan,” tandasnya. (tety)