Dikenal sebagai Kota Bunga, Tomohon Gelar TIFF 2017

Senin, 22 Mei 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Menteri Pariwisata Arief Yahya yang diwakili Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara (BP3N) Kementerian Pariwisata Mumus Muslim bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman meluncurkan event Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017.

Penyelenggaraan event tahunan ini akan berlangsung di Kota Tomohon, Sulut pada 7-12 Agustus 2017. Kegiatan ini sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Tomohon yang memiliki banyak daya tarik: budaya (culture), wisata alam (nature), dan buatan manusia (manmade).

Menurut Mumus event itu juga untuk mendukung program ‘North SulaWeSee’ serta program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

“Dengan event itu diharapkan target 20 juta wisatawan mancangera dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara di Tanah Air pada tahun ini tercapai,” katanya, di Kementerian Pariwisata, Minggu (21/5).

Penyelenggaraan TIFF 2017 yang memasuki tahun ke-7 kali ini bertema ‘The 7 Wonders of Tomohon’. Sesuai dengan tema, maka even tersebut menampilkan tujuh daya tarik alam (nature) sebagai keajaiban dan keunikan alam Tomohon. Yaitu, berupa tujuh gunung, tujuh danau, dan tujuh air terjun.

IMG_20170522_204938

“Ini untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Tomohon yang pada tahun 2015 lalu sebanyak 14.734 wisman dan 192.322 wisnus,” sebutnya.

Karena itu, pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan TIFF 2017 mengingat Kota Tomohon sebagai kota bunga dan pusat industri bunga terbesar di Indonesia Timur.

“Penyelenggaraan festival ini salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan daya tarik destinasi pariwisata Sulut. Akan menjadikan Tomohon semakin dikenal oleh wisatawan sebagai kota dan pusat industri bunga dan menjadi daya tarik pariwisata Sulut,” kata Mumus.

Penyelenggaraan festival bunga ini, kata Mumus, sebagai upaya meningkatkan daya tarik khususnya untuk unsur atraksi yang menjadi bagian penting dari unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas).

“Sulut memiliki amenitas dan aksesibiltas yang memadai, begitu pula dengan atraksi setiap kota memiliki festival budaya yang menarik,” kata Mumus lagi.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, TIFF 2017 merupakan grand event Pemerintah Kota Tomohon dalam memberikan kontribusi untuk menyukseskan program Kemenpar Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia serta program Pemerintah Provinsi Sulut ‘North SulaWeSee’.

“Ini juga menjadi sarana penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat setempat terutama para petani dan perajin bunga dalam kegiatan kepariwisataan ecotourism maupun agrotourism,” paparnya.

Ia menjelaskan, bunga dan tananam hias bagian dari budaya masyarakat Tomohon dan menjadi daya tarik pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

IMG_20170521_093158

Sementara itu, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman menambahkan, penyelenggaraan TIFF 2017 sengaja mengangkat tema ‘The 7 Wonders of Tomohon’ untuk menegaskan Tomohon dikaruniai keindahan alam berupa 7 gunung (Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan), 7 danau (Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean), dan 7 air terjun (Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa,TekaanTelu, Kanderawatu, dan Kinapesutan).

“Ke semuanya merupakan keajaiban (wonders). Kota Tomohon dengan berbagai keunikan alam dan florikultura merupakan surga tersembunyi dengan berbagai keajaiban yang menyajikan keindahan alam mempesona,” kata Jimmy Feidie Eman. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015