3 Polisi Gadungan Ditangkap

Rabu, 24 Mei 2017
Foto: istimewa

JAKARTA (Pos Sore) -– Mengaku-ngaku anggota kepolisian dari satuan narkoba Polda Metro Jaya, tiga pria ditangkap polisi di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, kemarin.

Ketiga ‘polisi gadungan’ itu berinisial DH, 42, AK, 31, dan JT, 49. Mereka kerap menculik, menganiaya serta menguras harga benda milik korbannya.

Kanit Resmob Polres Metro Jakarta Selatan, Iptu Falva Yoga, menjelaskan, para pelaku sudah mengincar kakak beradik RR dan AG untuk dijebak dan diperas. Kedua korban diseret oleh pelaku di Jalan Mampang Prapatan XV, 1 Mei lalu.

“Mereka pura-pura datang sebagai polisi, langsung men-judge korban sebagai pemakai narkoba,” ungkapnya.

Kemudian para pelaku melakukan pemeriksaan meski tidak ada barang bukti. Korban ketakutan karena pelaku mengaku dari Satnarkoba Polda Metro Jaya.

Korban digeledah dan dimasukkan ke dalam mobil. Tangan mereka diikat ke belakang dan kepalanya dipukul pakai gagang senjata api. RR dan AG kemudian diminta menunjukkan rumah target lainnya yakni RA.

RA juga dimasukkan ke dalam mobil dan ditodong dengan senjata api. Dalam aksinya, pelaku menguras uang RA Rp 16.500.000.

“Korban diturunkan di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pelaku meminta korban pin ATM dan menguras isi tabungan korban sebelum korban dilepaskan,” jelasnya.

Hasil penyelidikan, komplotan ini sudah beroperasi selama dua tahun. Polisi gadungan ini dilengkapi dengan senjata jenis softgun untuk menakuti para korbannya.

“Senpi yang kami amankan bukan asli, namun airsoft gun jenis glock dan revolver,” tuturnya.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan ancaman hukuman hingga sembilan tahun penjara. (marolop)