Siloam Hospitals Surabaya Berbagi Ilmu Seputar Kehamilan pada Calon Ibu

Minggu, 28 Mei 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Sangat penting bagi seorang ibu hamil untuk mengenal tahapan proses perkembangan janin. Dengan demikian, si ibu tahu nutrisi apa yang dibutuhkan serta risiko apa yang perlu dihindari.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Siloam Hospitals Surabaya, dr Harry K Gondo, SpOG, berpendapat, kontrol rutin dengan pemeriksaan USG setiap bulannya juga penting untuk memonitor perkembangan bayi.

“Selain itu, mendeteksi dini kelainan yang mungkin diderita,” ujarnya dalam acara Senam Hamil & Seminar ‘Welcome to Parenthood’ yang diadakan dokter spesialis Siloam Hospitals Surabaya, kemarin.

Dokter yang juga konsultan fetomaternal itu menjelaskan, saat ini skrining USG 4D serta prenatal testing melalui pemeriksaan darah ibu dapat menginformasikan keadaan bayi dengan akurasi yang tinggi.

Menurutnya, pemilihan fasilitas kesehatan selama kontrol kehamilan dan persalinan juga merupakan hal yang penting. Ketersediaan kamar operasi dan NICU dengan standar yang baik harus menjadi perhatian.

Dokter spesialis anak Dr. dr. Dian Pratamastuti, Sp.A, menambahkan, periode setelah sang bayi lahir pun tidak kalah pentingnya. Siloam Hospitals Surabaya juga mendukung Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan juga program ASI Eksklusif.

Dikatakan, IMD dilakukan dengan segera meletakkan bayi di dada ibu (ada kontak kulit ibu dan kulit bayi sekurang-kurangnya 1 jam untuk memberikan kesempatan kepada bayi menyusu sesegera mungkin).

“Manfaat dari IMD antara lain merangsang keluarnya ASI, memberi kekebalan pada bayi serta meningkatkan kekuatan batin antara ibu dan bayinya,” jelas pengasuh klinik laktasi di Siloam Hospitals Surabaya. Klinik ini untuk membantu para ibu yang mengalami kesulitan dan memerlukan panduan dalam menyusui.

Dalam acara itu juga dimeriahkan dengan acara senam hamil bersama, dan lomba Best Costume & Best Photo. “Kami berharap acara ini bisa menjadi ajang berbagi dengan para calon orangtua agar mereka lebih memahami persiapan kehamilan dan persalinan yang sehat dan aman,” kata dr Devina dari manajemen Siloam Hospitals Surabaya.

Dikatakan, menjadi orangtua, terutama untuk pertama kalinya, adalah pengalaman yang tak terlupakan sekaligus panggilan yang mulia. Ada banyak persiapan fisik dan mental yang perlu dilakukan, khususnya oleh sang ibu dalam menyambut kelahiran seorang bayi.

“Pengetahuan akan nutrisi, tumbuh kembang bayi serta konsultasi kesehatan sangat penting dimiliki oleh para ibu baru,” tambahnya.

Melalui acara ini, katanya, menjadi ajang berbagi ilmu kepada pasangan calon orangtua seputar kehamilan, persalinan dan pertumbuhan anak. Dokter spesialis dan tenaga medis siap membantu memberikan pelayanan yang terbaik bagi ibu dan bayi. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015